in

6 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu

6 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Kamu
Foto: gaptekupdate.com

Menurut penelitian, orang yang jarang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan mental.

Kalau kesehatan mental seseorang sedikit terganggu, biasanya mereka suka mengalami gangguan tidur, pola hidup yang tidak sehat, jarang olahraga dan menderita penyakit kronis.

Di sisi lain, para peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran tertentu bisa mengurangi depresi, meningkatkan mood, dan perasaan jadi jauh lebih baik.

loading...

Seperti dilansir WowMenariknya.com dari Boldsky, berikut enam makanan yang dapat meningkatkan kesehatan mental kamu. Rajin-rajin yah mengkonsumsinya agar kamu lebih bahagia lagi!

1. Wortel

Makan wortel dapat meningkatkan kesehatan mental Anda dan mengurangi stres. Wortel kaya akan beta-karoten, antioksidan kuat yang diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit.

Beta-karoten dalam wortel juga dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik. Ini memiliki efek positif bagi fungsi otak. Selain itu, wortel kaya antioksidan yang melindungi sel-sel dari kerusakan radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata dan mencegah risiko penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Gejala Kanker Otak yang Sering Diabaikan

2. Pisang

Buah kuning ini memiliki mampu menghasilkan bahan kimia yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Pisang kaya akan kalium yang memasok nutrisi penting untuk fungsi neurologis yang tepat. Dalam kata lain, pisang dapat membantu otak mengatur suasana hati dan nafsu makan, serta mendukung fungsi kognitif seperti kefokusan dan ingatan.

3. Apel

Kulit apel dan dagingnya diketahui dapat meningkatkan kesehatan mental. Apel membantu mengurangi oksigen reaktif berbahaya di jaringan otak dan meminimalkan penurunan mental. Apel juga dapat membantu mengurangi risiko terkenal Alzheimer.

4. Bayam

Sayuran hijau gelap seperti bayam tinggi akan folat yang bagus untuk kesehatan otak. Bayam dikenal dapat membantu meningkatkan kemampuan mental dan memori jangka pendek. Kekurangan folat telah dikaitkan dengan tingkat depresi, kelelahan dan insomnia yang lebih tinggi.

Makan bayam rebus setiap hari dapat membantu memproses informasi lebih cepat dan mampu meningkatkan daya ingat Anda.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat Untuk Menurunkan Tekanan Darah

5. Mentimun

Mentimun mengandung flavonol anti-inflamasi yang disebut fisetin yang memainkan peran utama dalam kesehatan otak. Mentimun tidak hanya dapat meningkatkan daya ingat dan melindungi sel-sel dari kerusakan, tetapi juga mencegah memori progresif dan gangguan belajar.

6. Buah Kiwi

Buah tinggi kaya akan tembaga yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak. Buah kiwi juga membantu dalam pertumbuhan tulang dan perkembangan otak pada orang dewasa muda. Selain itu, kiwi sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

loading...
loading...
Loading...
Loading...