in

6 Fakta Tentang Leukemia yang Wajib Anda Ketahui

6 Fakta Tentang Leukemia yang Wajib Anda Ketahui 1
Foto: Asia Scientist Magazine

Kanker merupakan panyakit paling mematikan yang menyerang manusia. Hampir semua jenis kanker sangat mematikan dan salah satu jenis kanker paling berbahaya yakni kanker darah atau leukemia.

Pada leukemia, sumsum tulang belakang membuat sel darah putih yang belum matang. Sel yang belum matang inilah yang tidak berfungsi secara normal dan mempengaruhi sel darah yang sehat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang leukemia, simak ulasan berikut ini tentang fakta-fakta leukemia yang wajib kalian ketahui, yang dilansir Wow Menariknya dari Every Day Health.

1. Macam-Macam Leukemia

Leukemia Mielositik Akut (AML): AML berlangsung sangat cepat, dengan sel-sel darah putih yang belum matang dan dalam jumlah berlebihan.

Leukemia Mielositik Kronis (CML): Kanker darah yang disebabkan oleh mutasi kromosom secara spontan. Biasanya CML mempengaruhi orang dewasa yang lebih tua.

Baca Juga: 10 Jenis Kanker Paling Mematikan

Leukemia Limfoblastik Akut (ALL): Jenis kanker darah yang biasanya menyerang anak-anak. Ini terjadi ketika sel sumsum tulang memiliki masalah dalam DNA-nya.

Leukemia Limfositik Kronis (CLL): CLL berkembang dari sel darah putih yang disebut sel B. Biasanya ini berlangsung perlahan-lahan dan mempengaruhi orang dewasa atau tua.

2. Kanker darah dimulai dari sumsum tulang

Tubuh kita membuat sebagian besar sel darah, baik itu sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi, sel darah merah yang mengangkut oksigen dan trombosit yang mencegah pembekuan darah, semuanya berawal dari sumsum tulang.

Pada penderita leukemia, sumsum tulang menghasilkan sel darah yang abnormal dan sel darah abnormal tersebut merusak sel-sel darah yang sehat.

3. Perkembangan leukemia

Leukemia akut, baik itu yang AML dan ALL, merupakan kanker darah yang pertumbuhannya sangat cepat karena sumsum tulang tidak dapat menghasilkan cukup sel darah yang sehat. Sedangkan CML dan CLL, pertumbuhannya jauh lebih lambat.

4. Pasien leukemia yang bertahan hidup selama lebih dari 5 tahun

Sangat jarang ada penderita leukemia yang bertahan hidup lebih dari lima tahun. Namun menurut data dari Leukemia & Lymphoma Society, menyebutkan bahwa jumlah penderita leukemia yang berhasil bertahan hidup lebih dari lima tahun telah meningkat empat kali lipat sejak 1960, dari 14 persen di tahun 1960-an menjadi 60 persen selama periode 2004-2010.

Baca Juga: 10 Gejala Kanker Darah yang Jangan Diabaikan

5. Usia yang rentan terkena leukemia

Leukemia umumnya menyerang orang dewasa yang usianya di atas 55 tahun. Namun tak sedikit anak di bawah 15 tahun yang terserang leukemia.

Menurut American Society for Hematology, ada beberapa penyabab kenapa anak-anak bisa terkena leukemia. Salah satunya karena paparan radiasi tingkat tinggi, pemaparan berulang terhadap bahan kimia tertentu, menderita down sindrom atau karena keluarganya memiliki riwayat leukemia yang kuat.

6. Gejala umum leukemia

Gejala leukemia tergantung pada jenis dan stadiumnya. Gejala umumnya biasanya meliputi mudah lelah, hati dan limpa membesar, amandel membengkak, sakit tulang, wajah pucat sekali dan berat badan turun dengan cepat.

Demikian ulasan tentang fakta leukemia yang harus kalian ketahui. Menjaga pola hidup sehat tetap jadi senjata paling ampuh untuk terhindar dari kanker.

Loading...
Loading...