Health

5 Tanda Tubuh Kekurangan Protein

5 Tanda Tubuh Kamu Kekurangan Protein

Protein memainkan peran penting dalam fungsi tubuh kita. Dan jika tubuh Anda kekurangan protein, pasti tubuh akan mengalami banyak gangguan kesehatan.

Menurut sebuah penelitian menyebutkan kalau sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia kekurangan protein. Terutama di Afrika Tengah dan Asia Selatan, sekitar 30% anak-anak mengalami kekurangan protein.

Lantas seperti apa tanda-tanda tubuh yang kekurangan protein? Dilansir WowMenariknya.com, berikut tanda-tanda tubuh yang kekurangan protein.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Berkalori Tinggi Untuk Menambah Berat Badan

1. Ngidam

Jika Anda selalu merasa lapar atau ngidam makanan tertentu, mungkin saja protein tubuh Anda kurang. Hal itu disebabkan karena Anda mengkonsumsi makanan yang rendah protein tapi tinggi akan karbohidrat dan gula.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi bisa jadi salah satu penyebabnya, pasalnya makanan tersebut rata-rata rendah akan protein tapi kaya akan kalori.

2. Kehilangan massa otot

Otot adalah sumber terbesar bagi tubuh. Bila Anda merasa massa otot berkurang dan mengalami nyeri, itu adalah tanda kekurangan protein. Biasanya hal ini sering dialami oleh orang lanjut usia.

3. Rambut rontok

Rambut kita terdiri dari 90% protein yang sering disebut sebagai keratin. Jika Anda tidak cukup nutrisi untuk rambut, rambut Anda akan menipis dan rontok. Hal itu terjadi lantaran tubuh tidak bisa menggunakan protein untuk menumbuhkan dan menguatkan rambut karena kurangnya protein.

Baca Juga: Cara Ampuh Atasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya dan Seledri

4. Kurang tidur

Jika Anda sulit tidur, kemungkinan besar tubuh Anda kekurangan protein. Sementara itu, protein dalam makanan bertindak sebagai triptofan, asam amino yang menyebabkan kantuk. Oleh sebab itu, Anda harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

5. Fungsi otak yang tidak baik

Jika Anda merasa kekurangan motivasi, memori yang buruk atau masalah dalam mempelajari sesuatu, itu adalah tanda bahwa Anda mengalami kekurangan protein. Protein membantu menghasilkan dopamin, epinefrin, dan serotonin yang diperlukan tubuh untuk tetap fokus.

Jika merasa demikian, Anda harus mulai banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Hindari makanan berkalori tinggi karena mengandung protein yang sangat rendah.

You May Like

Loading...
To Top