Health

5 Obat Pegal Linu Alami yang Ampuh Redakan Nyeri

5 Obat Pegal Linu Alami yang Ampuh Redakan Nyeri

Pegal linu adalah masalah nyeri yang terjadi karena tulang, sendi, dan otot. Memang tidak berbahaya, tetapi jika tak segera diredakan dengan obat pegal linu alami, akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Obat pegal linu alami terdiri dari makanan dan minuman yang bisa mengembalikan, sekaligus mengoptimalkan fungsi tulang, sendi, otot, dan bikin berenergi. Tak hanya dikonsumsi, beberapa makanan dan minumannya bisa digunakan untuk mengompres area pegal linu.

Jika ditelusur, pegal linu disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti kurang tidur, stres, dan postur tubuh salah. Kondisi lain yang berbahaya adalah kanker tulang, infeksi virus, hormon, dan psikologis. Untuk mengoptimalkan pengobatan, andalkan obat pegal linu alami sekaligus hindari penyebabnya. Berikut penjelasannya.

Baca Juga : 5 Obat Untuk Melunakan Hati yang Keras

1. Kompres Dingin

Kompres dingin bisa diterapkan sebagai obat pegal linu alami yang mutakhir. Efeknya dapat mengecilkan pembengkakan, meredakan cedera, dan luka pada otot.

Kompres air dingin yang dimaksud, membalut es batu. Hindari mengompresnya tanpa membalut. Aplikasikan selama 15 sampai 20 menit pada bagian nyeri. Saat mengompres beri jeda setiap ingin mengulangi.

2. Vitamin

Asupan vitamin membuat fungsi tubuh lebih optimal. Asupan ini pun sangat berguna untuk otot dan tulang. Tak heran jika konsumsi vitamin termasuk obat pegal linu alami yang patut diandalkan.

Vitamin yang dimaksud, vitamin B1 dan vitamin D. Tubuh yang kekurangan thiamin akan mengalami kerusakan saraf, nyeri, dan lemah otot.

Untuk vitamin D, bisa menguatkan tulang dan otot bergerak dengan semestinya. Vitamin D bisa didapat dari sinar matahari, konsumsi makanan, dan suplemen.

3. Pijat

Pemijatan adalah obat pegal linu alami yang selama ini paling sering dilakukan. Sayangnya ada beberapa orang yang salah mempraktikkan dengan memijat seluruh tubuh. Padahal upaya yang benar, cukup pada bagian pegal linu.

Salah satu bagian tubuh yang tidak boleh dipijat, yakni tulang belakang. Bagian ini dimulai dari leher hingga tulang ekor. Memijat bagian yang tidak seharusnya justru berbahaya. Bisa menyebabkan pergeseran tulang hingga saraf terjepit.

Selain pemijatan, lakukan juga peregangan sebagai obat pegal linu alami. Prinsipnya, semakin lentur otot, maka semakin kecil kemungkinan otot menjadi kaku. Peregangan merupakan kegiatan yang mudah dilakukan kapan saja dan di mana saja.

4. Pisang

Salah satu penelitian pada pembalap sepeda menemukan, pisang dapat menghasilkan energi yang setara dengan minuman energi. Mengonsumsinya memang tidak bisa meredakan nyeri karena pegal, tetapi lemasnya bisa dipulihkan.

Pisang kaya akan potasium, serat, berbagai vitamin, dan jumlah karbohidrat yang tepat untuk mendongkrak stamina dan menangkal badan lemas. Pisang dapat menjadi pilihan yang mudah dan lezat sebagai salah satu sumber energi untuk sarapan sebelum memulai aktivitas.

5. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa alami yang disebut curcumin. Senyawa ini bisa diandalkan sebagai obat pegal linu alami karena efektif mengatasi peradangan. Curcumi akan berfungsi menurunkan kadar dua enzim dalam tubuh yang menyebabkan peradangan.

Kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan membantu memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah pembekuan darah. Ini membantu meringankan rasa sakit pada keseleo, memar, pegal linu, dan radang sendi.

To Top