in

5 Makanan Terbaik untuk Membasmi Jerawat

Makanan untuk membasmi jerawat
Foto: livescience.com

Siapa di sini yang punya masalah jerawat? Kalau iya, kalian pasti menganggap kalau jerawat bisa mengganggu penampilan. Berbagai macam perawatan wajah pun sudah dilakukan, namun jerawat tak kunjung hilang.

Perlu diingat, perawatan dari luar saja tidak cukup, tetapi harus diimbangi pula dengan perawatan dari dalam. Perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang dapat mengatasi masalah jerawat.

Lima makanan ini adalah contohnya, jika kamu rajin mengkonsumsi beberapa makanan ini, jerawat kamu pasti akan hilang. Berikut makanan terbaik untuk membasmi jerawat yang dilansir Wow Menariknya.

Baca Juga: 7 Langkah Memecahkan Jerawat Tanpa Meninggalkan Bekas

1. Vitamin A

5 Makanan Terbaik untuk Membasmi Jerawat 1
Foto: utsouthwestern.edu

Kebanyakan kasus jerawat pada wajah disebabkan karena kurangnya vitamin A dalam darah. Padahal, vitamin A mampu menormalkan kembali produksi minyak di wajah, meningkatkan elastisitas kulit, dan melindungi kulit.

Inilah mengapa beberapa produk kecantikan mengandung vitamin A di dalamnya. Daripada membeli produk kecantikan mahal yang mengandung vitamin A, kamu bisa mencoba mengonsumsi wortel, brokoli, ubi manis, atau suplemen vitamin A jika diperlukan.

2. Omega 3

5 Makanan Terbaik untuk Membasmi Jerawat 2
Foto: lifehack.org

Omega 3 adalah nutrisi yang dapat menyembuhkan peradangan pada kulit misalnya jerawat. Cobalah untuk rutin mengonsumsi biji rami, kacang walnut, dan salmon.

3. Zinc

5 Makanan Terbaik untuk Membasmi Jerawat 3
Foto: holistickenko.com

Zinc adalah zat yang bermanfaat untuk menyembuhkan dan mencegah breakout. Zinc mampu membunuh kuman penyebab jerawat. Makanan dengan kandunga zinc yang bisa kamu coba adalah tiram, daging sapi, gandum, biji wijen, dan lain-lain.

Baca Juga: Cara Menghilang Jerawat dengan Merendam Wajah dalam Air Dingin

4. Makanan dan minuman kaya anti oksidan

5 Makanan Terbaik untuk Membasmi Jerawat 4
Foto: healthline.com

Buah beri, sayur kale (sejenis kubis), teh hijau, adalah sedikit contoh dari makanan yang kaya akan anti oksidan. Anti oksidan bukan hanya mampu membasmi jerawat namun juga memberikan kebaikan lain seperti memperkuat pertahanan kulit untuk menghalau radikal bebas.

5. Probiotik

5 Makanan Terbaik untuk Membasmi Jerawat 5
Foto: healthline.com

Probiotik mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi. Jadi peranan probiotik sangat penting dalam asupan nutrisi setiap hari. Makanan fermentasi dan minuman seperti yogurt bisa kamu tambahkan dalam menu makan harianmu. Selain baik untuk pencernaan, hal ini juga baik untuk kulit.

Jika kamu sudah mencoba berbagai jenis produk namun jerawat tak kunjung membaik, mungkin asupan nutrisimu yang tidak seimbang. Menjaga tubuh khususnya kulit memang harus diiringi asupan nutrisi yang terjaga. Untuk itu, jaga selalu asupan nutrisimu setiap hari untuk mendapatkan kulit bersih, cantik, dan bebas dari jerawat. Semoga bermanfaat!

Loading...
Loading...