in

5 Makanan dan Minuman yang Bikin Kamu Cepat Haus, Jangan Dikonsumsi Saat Sahur!

Makanan dan minuman yang bikin cepat haus

Saat puasa, kita tidak makan dan minum dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Tak heran jika tubuh terasa lapar dan haus sekali, apalagi saat siang dan sore hari. Namun pernahkah kamu merasa haus saat pagi hari padahal kamu baru saja sahur?

Haus tak hanya disebabkan oleh aktivitas saja, tapi makanan dan minuman yang kamu konsumsi saat sahur juga berpengaruh besar. Pasalnya ada beberapa makanan dan minuman yang justru bisa membuat kamu cepat haus. Makanan dan minuman ini sangat tidak direkomendasikan dikonsumsi saat sahur.

Berikut makanan dan minuman yang bikin kamu cepat haus. Jangan dikonsumsi saat sahur yah kalau tidak ingin puasamu batal hanya gara-gara gak kuat nahan dahaga.

1. Makanan asin

Makanan asin seperti roti, gorengan, keju dan lain-lain sangat kaya akan sodium. Sodium inilah yang membaut tubuh kehilangan cairan dengan cepat. Hal itu dikarenakan banyak cairan yang ikut larut ketika pembilasan kelebihan sodium dan garam. Maka dari itu, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam saat sahur.

Baca Juga: 3 Kesalahan Fatal yang Sering Dilakukan Saat Buka Puasa

2. Kopi dan teh

Kopi dan teh adalah minuman berkafein. Kafein memiliki sifat deuretik atau dengan kata lain dapat memicu keluarnya air urine. Pada akhirnya kafein dapat mempercepat dehidrasi dalam tubuh. Kesimpulannya semakin banyak minum kopi dan teh, maka tubuh akan semakin cepat kehilangan cairan dalam tubuh. Usahakan jangan minum kopi dan teh saat sahur yah!

3. Makanan dan minuman manis

Tak hanya makanan yang terlalu asin, makanan dan minuman yang terlalu manis seperti soft drink, minuman bersoda dan sebagainya, juga dipercaya dapat membuat tubuh kehilangan cairan dengan cepat. Kadar gula yang tinggi akan menciptakan asam yang dapat mengganggu fungsi enzim dan mengurangi kapasitas cairan dalam tubuh.

4. Makanan bersantan

Makanan santan memang gurih dan lezat, akan tetapi makanan bersantan bisa membuat kamu cepat haus. Makanan santan memiliki kadar minyak yang sangat tinggi sehingga bisa membuat tenggorokan dan lambung kurang nyaman. Jadi hindari yah makanan bersantan saat sahur.

5. Makanan pedas

Makanan pedas memang tidak akan mengurangi cairan dalam tubuh, tapi efeknya bisa membaut kamu pengennya minum terus karena rasa pedas yang menempel dalam lidah. Oleh karena itu hindari makanan pedas saat sahur. Takutnya lagi nanti kamu sakit perut dan akhirnya batal puasa.

Loading...