Health

5 Kebiasaan Sederhana yang Berbahaya untuk Pencernaan

5 Kebiasaan Sederhana yang Berbahaya untuk Pencernaan

Banyak kebiasaan-kebiasaan sederhana yang biasanya kita lakukan setelah makan. Misalnya minum minuman tertentu, menggosok gigi, menikmati makanan pencuci mulut dan lain sebagainya.

Dari banyak kebiasaan yang dilakukan orang setelah makan, ternyata ada beberapa kebiasaan yang justru berbahaya untuk pencernaan. Kebiasaan apa saja?

Baca Juga : 3 Makanan Super Ini Dapat Menghancurkan Lemak Perut dalam 1 Minggu

1.Tidur

5 Kebiasaan Sederhana yang Berbahaya untuk Pencernaan

Tidur dengan kondisi perut kenyang memang menjadi saat yang paling menyenangkan. Memang, kamu akan merasa ngantuk setelah makan. Hal ini dikarenakan oksigen berpindah ke lambung. Meski menyenangkan, tidur setelah makan tidak disarankan karena dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti fenomena heartburn, acid reflux, dan bahaya lainnya yang berujung pada stroke hingga kematian.

Lakukanlah aktivitas ringan seperti berjalan santai setelah makan, mencuci piring, membereskan meja makan dan lainnya. Jikai ingin tidur, usahakan beri jeda sekitar 2 jam setelah makan.

2. Minum teh

5 Kebiasaan Sederhana yang Berbahaya untuk Pencernaan

Secangkir teh hangat memang terasa menenangkan saat dikonsumsi setelah makan. Kandungan asam tanin dalam teh ternyata tidak baik dikonsumsi setelah makan. Hal ini dikarenakan zat tersebut bisa mempengaruhi kerja lambung dalam mencerna protein dan zat besi. Mulai saat ini sebaiknya kamu hindari mengonsumsi teh hangat atau teh dingin setelah makan ya.

3. Mandi

Tahu Tidak Kalau Mandi Juga Punya Urutannya?

Foto: mirror.co.uk

Hindarilah untuk buru-buru mandi setelah makan. Minimal berilah jeda sekitar 30 menit setelah makan jika kamu ingin mandi. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuhmu akan terganggu. Saat mandi, tubuh akan mengalami kenaikan suhu, dimana seharusnya suhu harus stabil saat mencerna makanan. Saat suhu mengalami kenaikan, metabolisme akan turun dan terhambat.

4. Merokok

Ini Yang Terjadi Jika Menikmati Rokok Setelah Makan

Bukan hanya tak baik untuk organ pernapasan, rokok juga tidak baik untuk organ pencernaan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami kendala saat dicerna. Hal ini dikarenakan metabolisme tubuh yang menurun akibat rokok.

5. Mengonsumsi buah

5 Kebiasaan Sederhana yang Berbahaya untuk Pencernaan

Mengonsumsi buah setelah makan sebenarnya sudah menjadi menu wajib untuk beberapa orang. Menutup makan siang dengan buah segar memang terasa sangat pas. Namun ternyata mengonsumsi buah setelah makan dapat menurunkan kualitas organ pencernaan.

Karena makanan berat dikonsumsi terlebih dahulu, buah-buahan yang baru kita konsumsi akan berada dalam pencernaan dalam waktu yang lama. Buah-buahan ini akan berfermentasi dan menghasilkan gas sehingga perut terasa begah. Untuk itu, disarankan mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu satu jam sebelum makan makanan berat.

To Top