in

5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

Foto: halodoc.com

Ginjal adalah organ tubuh yang paling penting yang berfungsi menyaring darah, menyerap mineral, menteralkan zat asam, dan membuang racun lewat air seni.

Jadi jika ginjal sudah tak berfungsi lagi, memungkinkan seseorang untuk melakukan cuci darah setiap minggunya ke dokter. Tentunya itu tidak memakan biaya

loading...

Pastinya Anda tidak ingin mengalami gangguang kesehatan pada ginjal Anda. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang Anda harus mulai membuang kebiasaan-kebiasaan buruk ini yang bisa membuat ginjal jadi rusak. Berikut 5 kebiasaan buruk yang dapat merusak ginjal Anda.

1. Kurang tidur

Kurang tidur sering dikatikan dengan berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya penyakit ginjal. Pada saat malam hari ketika tidur, tubuh Anda akan melakukan perbaikan terhadap jaringan tubuh termasuk jaringan pada ginjal Anda.

Baca Juga: Ini Lima Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal

Jadi, jika tubuh Anda kurang istirahat saat malam hari, jaringan-jaringan yang rusak tadi tidak akan diperbaiki dan lama kelamaan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

2. Sering menahan pipis

Jangan anggap sepele dampak buruk dari menahan pipis. Menahan keluarnya air urin akan memberikan beban yang lebih pada ginjal. Jika terus-terusan sering menahan pipis, bukan tidak mungkin lagi Anda akan menderita gagal ginjal, batu ginjal, dan inkontinensia.

3. Kurang minum air putih

Fungsi ginjal yang utama adalah untuk menghilangkan racun hasil metabolisme tubuh. Proses itu dibantu oleh air putih. Jadi, jika Anda kekurangan minum air putih, maka racun-racun tersebut akan menumpuk dan pada akhirnya bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal.

Baca Juga: Hindari 6 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Ginjal Ini

4. Suka minum kopi berlebihan

Kafein dalam kopi memiliki efek yang buruk jika asupannya terlalu berlebihan. Hal itu bisa menyebabkan tekanan darah jadi naik dan ginjal akan terbebani. Seiring berjalannya waktu, jika Anda sering minum kopi setiap harinya, maka ginjal Anda bisa mengalami kerusakan.

5. Banyak mengonsumsi garam

Natrium dari garam memang diperlukan tubuh. Namun, jika asupan garam ke dalam tubuh terlalu berlebihan hal itu bisa membuat tekanan darah jadi tinggi yang pada akhirnya akan membebani ginjal. Oleh karena itu, kurangi asupan garam setiap harinya, jangan sampai lebih dari 5 gram.

loading...
Loading...
Loading...