Health

5 Hal yang Terjadi Bila Kurang Tidur

Masih Cinta dan Deretan Alasan Kenapa Kamu Masih Mimpiin Mantan

Tidur merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. jika kita tidak tidur selama satu hari rasanya akan sangat tidak nyaman, konsentrasi mengurang dan aktifitas kita akan tidak akan produktif. oleh karena itu kebutuhan tidur kita harus terpenuhi. menurut para ahli tidur yang produktif kurang lebih 8 jam sehari. Bila kebutuhan tidur kita tidak terpenuhi maka akan muncul 5 hal sebagai berikut

1. Stres

Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi tekanan dan suatu perubahan yang dimana tubuh kita belum siap menerimanya. Sres bisa terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang putus asa, gugup,marah atau bersemangat.

2. Muncul jerawat

Jerawat merupakan hal yang paling menjengkelkan apalagi kalo ada di daerah wajah yang sensitif. Menurut Jesica Krant, kebiasaan tidur larut malam dapat memperparah munculnya jerawat di wajah. Bahkan bisa memicu hal yang lebih ekstrim lagi misalnya dermatitis kontak, hingga psoriasis.

3. Berat badan naik

Dr. Jacob Teitelbaum mengatakan bahwa kurang tidur dapat mengacaukan hormon yang mengatur nafsu makan. Karena jika dalam beberapa waktu tertentu dia lebih mudah untuk naik berat badan. Ketika orang lain sudah tidur pada malam hari maka efek jenuh akan muncul dan mengakibatkan rasa lapar yang lumayan tinggi.

4. Kantung mata menghitam

Sering kita temui jika kita kurang tidur maka kantung mata akan menghitam. Itu terjadi ketika silkurasi darah di area mata menjadi melambat, sehingga darah yang harusnya mengalir akan berkumpul di sekitaran area mata. Pembuluh darah tipis atau kapilaris juga akan merenggang dan bocor sehingga muncul lingkaran hitam di area mata.

5. Mudah lelah

Akibat kurang tidur konsentrasi kita menjadi berkurang. Akibatnya fungsi otak tidak berjalan normal seperti biasanya. Ketika itu tubuh kita akan menguras lebih banyak tenaga akhirnya kita mudah lelah.

To Top