in

5 Gejala Kanker Otak yang Sering Diabaikan

Gejala kanker otak yang sering diabaikan

Gejala kanker otak sangat sulit untuk dikenali karena gejalanya hampir sama dengan penyakit ringan lainnya. Oleh karena itu kebanyakan orang suka mengabaikan gejala-gejala tersebut dan telat melakukan penanganan lebih awal. Jika dibiarkan, akibatnya tumor yang menyerang otak bisa sangat ganas dan sulit untuk ditangani.

Jadi sangat penting bagi kita untuk mengenali gejala-gejala kanker otak agar tumornya tidak menyebar luas. Kalau kankernya sudah terlanjur parah, banyak gangguan serius yang akan ditimbulkan, seperti fungsi otak tidak berjalan dengan baik, fungsi tubuh tidak akan berjalan dengan normal, menderita demensia dini dan masih banyak lagi.

Berikut kami himpun gejala-gejala kanker otak yang sering diabaikan. Jika mengalami gejala seperti ini, sebaiknya segera pergi ke dokter ahli.

1. Sakit kepala

Sakit kepala umum memang bisa dialami siapa saja. Lalu bagaimana dengan ciri-ciri sakit kepala kanker otak? Ada beberapa ciri sakit kepala yang menandakan gejala kanker otak. Seperti rasa sakit kepalanya amat hebat dan berkelanjutan, merasakan sakit kepala pada saat bangun pagi dan kemudian muntah-muntah.

Baca Juga: Sering Makan Makanan Asin Bikin Otak Jadi Lemot

Jika rasa sakit kepalanya agak kurang wajar dari biasanya, cara terbaik adalah dengan memeriksakannya ke dokter dan mungkin akan melakukan CT Scan.

2. Muntah-muntah

Karakteristik muntah yang menjadi tanda tumor otak adalah terjadi di pagi hari secara tiba-tiba tanpa ada rasa mual terlebih dahulu, dan diikuti dengan pusing kepala. Cairan muntahnya juga tidak normal, biasanya berwarna hijau. Hal itu disebabkan karena ada saraf di otak yang terganggu oleh tumor otak.

3. Sering kejang-kejang

Gejala kanker otak biasanya ditandai dengan kejang-kejang yang tiba-tiba, kehilangan fungsi kontrol tubuh, menggigit lidah, dan efek setelahnya adalah sakit kepala, kebingungan dan mati rasa.

Kejang-kejang disebabkan oleh fungsi otak yang tidak berjalan dengan baik. Aktivitas motorik pada otak tidak berjalan dengan normal sehingga sel-sel saraf tubuh yang terhubung dengan otak akan mengalami gangguan.

4. Bergerak tidak normal

Menurut penelitian, penderita kanker otak biasanya mengalami kesulitan saat bergerak. Hal itu disebabkan karena tumor akan membatasi fungsi otak untuk menggerakan tubuh. Akibatnya berjalan suka tidak seimbang, sering tersandung dan tiba-tiba bersandar di dinding.

Baca Juga: Kenali Gejala Tak Biasa dari Kanker Paru-Paru

5. Kesehatan mental terganggu

Tumor juga bisa menyebabkan otak tidak berjalan secara maksimal yang berdampak pada kesehatan mental. Ciri-ciri perubahan mental karena kanker otak adalah kehilangan memori, perubahan prilaku, sulit mengingat sesuati dan sulit berkosentrasi.

Cara terbaik untuk mengatasi semua gejala tersebut adalah dengan segera pergi ke dokter ahli untuk memeriksa lebih lanjut. Dengan penanganan lebih awal, tumor otak akan mudah dijinakan.