in

5 Gejala Anemia yang Jarang Disadari Banyak Orang

5 Gejala Anemia yang Jarang Disadari Banyak Orang 1

Anemia atau kurang darah adalah kondisi ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup. Ada banyak faktor yang menyebabkan sel darah merah dalam tubuh sangat sedikit.

Tapi dalam artikel ini tidak akan menjelaskan tentang penyebab anemia, melainkan gejala anemia. Kebanyakan orang suka tidak sadar kalau dirinya terkena anemia karena mereka tidak tahu gejalanya.

Berikut lima gejala anemia yang jarang disadari. Jika muncul gejala ini di tubuh Anda, segera periksakan ke dokter agar tidak terlanjur parah.

Baca Juga: 10 Gejala Kanker Darah yang Jangan Diabaikan

1. Tubuh mudah lelah

Karena sel darah merah kurang, otomatis oksigen yang diangkut ke seluruh organ tubuh juga akan lebih sedikit. Akibatnya tubuh akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan energi, namun hal itu akan membuat tubuh Anda jadi mudah lelah.

2. Kulit pucat

Karena tubuh kekurangan asupan oksigen, kulit pun akan mengalami perubahan warna. Kulit akan berubah warna jadi pucat. Seluruh tubuh akan terlihat pucat, terutama pada bagian tangan, kelopak mata bawah dan wajah.

3. Denyut jantung tidak teratur

Meskipun tubuh kekurangan sel darah, jantung tetap akan bekerja untuk memberikan kadar oksigen yang cukup. Namun hal ini membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah, sehingga membuat detak jantung Anda jadi tidak teratur.

Baca Juga: Mengenal 7 Warna Darah Haid Pada Wanita Dan Artinya

4. Bibir pecah-pecah dan kering

Anemia memang tidak akan mempengaruhi seluruh bibir Anda, tapi kekurangan darah bisa membuat bagian sudut bibir And bermasalah. Sudut bibir akan jadi kering dan mengalami keretakan. Akibatnya ketika Anda membuka mulut akan terasa sakit.

5. Sulit berkonsentrasi

Jika otak kekurangan asupan oksigen, maka otak tidak akan bisa bekerja maksimal. Efeknya bisa mempengaruhi konsentrasi Anda. Jadi jika Anda sulit berkonsentrasi atau mudah pusing, bisa saja Anda sedang menderita anemia.

Jika mengalami lima gejala di atas, segera periksa ke dokter atau Anda bisa menggunakan pengobatan alternatif. Banyaklah beristirahat dan hindari makanan-makanan junk food.

Loading...
Loading...