Health

5 Buah dengan Kandungan Air Paling Tinggi, Biar Ga Dehidrasi

5 Buah dengan Kandungan Air Paling Tinggi, Biar Ga Dehidrasi

Hidrasi yang baik sangat penting untuk kesehatan. Tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh dapat memicu berbagai gangguan, seperti kelelahan, sakit kepala, kram otot, tekanan darah rendah, masalah kulit, dan detak jantung yang cepat. Lebih parah, dehidrasi yang berkepanjangan dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, biasanya para ahli merekomendasikan minum beberapa gelas air setiap hari. Namun, kamu juga bisa mencukupi kebutuhan air dari makanan. Sebab, ada banyak makanan sehat yang dapat menyumbangkan banyak air untuk diet.

Di bawah ini akan dibahas beberapa buah yang memiliki kandungan air paling tinggi yang akan membantu tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga : 10 Manfaat Jus Delima untuk Kesehatan, Bisa Buat Antivirus?

1. Semangka

5 Buah dengan Kandungan Air Paling Tinggi, Biar Ga Dehidrasi

Semangka merupakan salah satu makanan yang paling menghidrasi dan sehat. Buah ini mengandung sekitar 92 persen air, dan karena kandungan airnya yang tinggi, semangka memiliki kepadatan kalori yang sangat rendah. Artinya, kamu tidak perlu ragu memakan semangka dalam porsi besar karena buah ini hanya mengandung sedikit kalori.

Selain itu, semangka kaya akan antioksidan kuat, seperti likopen. Senyawa ini telah dipelajari dalam EXCLI Journal karena kemampuannya untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada sel, yang telah dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

2. Nanas

5 Buah dengan Kandungan Air Paling Tinggi, Biar Ga Dehidrasi

Menurut FooData Central, nanas menawarkan banyak nutrisi, termasuk vitamin C. Buah tropis berduri ini juga mengandung vitamin B, magnesium, kalium, mangan, serta 86 persen air.

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang memiliki efek anti-inflamasi. Kadang-kadang bromelain digunakan untuk mengatasi sinusitis, osteoartritis, dan masalah pencernaan.

3. Stroberi

5 Buah dengan Kandungan Air Paling Tinggi, Biar Ga Dehidrasi

Stroberi memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu 91 persen, yang menjadikan stroberi makanan yang sangat menghidrasi. Ditambah, stroberi mengandung serat yang tinggi, antioksidan, vitamin C, folat, dan mangan.

Sebuah temuan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyatakan bahwa makan stroberi secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan berbagai jenis kanker. Stroberi sangat cocok dicampurkan ke dalam smoothie, salad, atau sandwich.

4. Persik

5 Buah dengan Kandungan Air Paling Tinggi, Biar Ga Dehidrasi

Persik adalah buah yang padat nutrisi dan menghidrasi karena 90 persen dari persik merupakan air. Buah ini juga menawarkan sejumlah vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, B, C, dan kalium.

Selain itu, menurut Journal of Medicinal Food, makan buah persik dengan kulitnya juga bisa menyediakan antioksidan penangkal penyakit, seperti asam klorogenat. Tingginya serat dan air pada buah persik menyebabkan buah ini sangat mengenyangkan dan cocok untuk menurunkan berat badan.

5. Jeruk bali

5 Buah dengan Kandungan Air Paling Tinggi, Biar Ga Dehidrasi

Jeruk bali termasuk dalam buah sitrus yang sangat sehat dengan banyak manfaat kesehatan. Jeruk bali mengandung 88 persen air, sehingga memberikan jumlah air yang cukup untuk kebutuhan hidrasi harian.

Selain itu, jeruk bali kaya akan serat, antioksidan, vitamin A, kalium, dan folat. Juga, setengah buah jeruk bali mampu memenuhi sekitar 120 kebutuhan vitamin C harian yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Penelitian dalam Journal of Medicinal Food menunjukkan bahwa memasukkan jeruk bali dalam diet dapat membantu meningkatkan keberhasilan penurunan berat badan, mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan kadar gula darah.

Tetap terhidrasi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Selain dengan minum banyak air, kamu juga bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan di atas untuk membuat tubuh tetap terhidrasi.

To Top