in

4 Makanan Berlemak yang Aman Dikonsumsi Tanpa Harus Takut Gemuk

4 Makanan Berlemak yang Aman Dikonsumsi Tanpa Harus Takut Gemuk
Foto: Pexels

Jika Anda sedang melakukan diet, pasti Anda sangat menghindari makanan yang berlemak karena takut tubuh jadi gemuk. Atau memang Anda sedang mempertahankan tubuh langsing Anda, tentunya makanan berlemak sangat dihindari karena takut berat badan bertambah.

Jangan khawatir, tak semua makanan berlemak itu buruk bagi kesehatan. Beberapa makanan ada yang mengandung lemak tak jenuh atau lemak sehat yang justru baik untuk kesehatan tubuh dan tidak akan membuat berat badan bertambah.

Berikut ini ada beberapa makanan berlemak yang aman dikonsumsi tanpa harus takut gemuk. Pasalnya makanan-makanan ini mengandung lemak ‘baik’ yang bermanfaat bagi tubuh.

loading...

1. Telur

Telur memang kaya akan protein, akan tetapi telu juga menyimpan lemak yang lumayan banyak. Satu butir telur setidaknya memiliki 1,5 gram lemak jenuh dan 3,5 gram lemak tak jenuh. Meskipun demikian, telur aman untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan kolin yang menjaga kesehatan jantung, sistem saraf dan otak. Anda juga tak perlu takut gemuk bila mengkonsumsi telur.

Baca Juga: 6 Makan Berlemak Yang Justru Bisa Menurunkan Berat Badan

2. Tahu

Sama seperti telur, tahu juga mengandung banyak lemak sehat yang aman dikonsumsi. Selain kaya protein, tahu juga kaya akan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan persendian. Jadi aman-aman saja mengkonsumsi tahu secara rutin tanpa harus takut gemuk.

3. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung banyak lemak sehat, yakni sekitar 23 gram lemak tak jenuh. Alpukat juga bebas kolesterol dan merupakan sumber lutein yang baik untuk penglihatan mata Anda. Kandungan serat di dalamnya juga baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda berniat membuat jus alpukat, hindari pemakaian gula yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Manfaat Menakjubkan Buah Alpukat Untuk Kesehatan

4. Ikan

Salmon, sarden, tuna atau trout mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan. Lemak ini tidak akan menyebabkan perut gemuk, tapi justru bermanfaat sekali untuk tubuh. Asam lemak omega-3 dapat membantu menyehatkan jantung dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

Anda aman-aman saja mengkonsumsi empat makanan di atas tanpa harus takut berat badan bertambah. Meskipun demikian, tapi Anda tetap teratur mengkonsumsinya.

loading...
loading...
Loading...
Loading...