in

4 Bagian Tubuh yang Masih Berfungsi Setelah Meninggal

Jika seorang manusia meninggal, secara logika semua organ tubuhnya pasti tidak akan berfungsi lagi. Jantung tidak akan berdetak lagi, darah akan membeku, paru-paru akan berhenti bekerja dan pokoknya semua organ tubuh jadi ikut mati.

Namun menurut ilmu medis, ketika manusia meninggal, sebenarnya ada beberapa bagian tubuh yang masih berfungsi, tapi hanya untuk beberapa saat saja. Penasaran bagian tubuh mana saja yang masih berfungsi setelah meninggal? Berikut penjelasan lebih rincinya.

1. Otak

Foto: Pixabay

Meski seseorang sudah dinyatakan meninggal, sebenarnya otak masih bisa berfungsi untuk beberapa saat. Sel-sel dalam otak akan berusaha mencari oksigen untuk bertahan hidup. Karena paru-paru sudah tidak berfungsi lagi, alhasil sel otak tidak mendapatkan oksigen. Setelah kematian, otak dapat bertahan selama beberapa menit.

loading...

Baca Juga: Tanda-Tanda Fisik yang Muncul Saat Seseorang Mendekati Ajal

2. Kuku dan rambut bisa jadi panjang

Foto: Pixabay

Rambut dan kuku masih bisa terus tumbuh meski sudah dinyatakan meninggal. Hal itu dikarenakan kulit manusia jadi lembab dan mengkerut setelah kematian, yang menyebabkan kuku dan rambut jadi memanjang.

3. Terjadinya pergerakan pada otot

Foto: Pixabay

Setelah otak manusia tidak berfungsi lagi, sistem saraf manusia sebenarnya belum ikut mati. Untuk beberapa saat, sistem saraf masih bisa melaksanakan fungsinya. Hanya saja, setelah kematian sistem saraf tidak akan mengirimkan sinyal ke otak, melainkan ke sumsum tulang belakang. Sinyal yang dikirimkan sistem saraf membuat otot tiba-tiba bergerak. Jadi hal wajar bila suka terjadi kejang-kejang pada mayat yang baru meninggal.

Baca Juga: Alasan Ilmiah Kenapa Mati Suri Bisa Terjadi

4. Sel kulit

Foto: Pixabay

Setelah kematian, kulit tidak akan langsung hancur. Sel-sel kulit masih bisa bertahan selama beberapa hari. Melalui proses osmosis, sel kulit mampu bertahan hidup tanpa mengambil nutrisi dari dalam tubuh. Oleh karena itu butuh beberapa hari sampai kulit orang yang sudah meninggal benar-benar membusuk.

Begitulah kurang lebih penjelasannya. Beberapa bagian tubuh ternyata ada yang masih berfungsi setelah meninggal meskipun hanya sementara.

loading...
loading...
Loading...
Loading...