in

4 Akibat Mengerikan Jika Sering Menggigit Kuku

Foto: Hello Sehat

Apakah di sini ada yang memiliki kebiasaan mengigit kuku? Biasanya kebiasaan yang satu ini sudah muncul sejak kecil dan terus terbawa sampai dewasa. Akibatnya sulit sekali menghilangkan kebiasaan buruk ini. Kok buruk, emangnya apa yang salah dari menggigit kuku?

Loading...

Perlu diketahui, kebiasaan menggigit kuku bisa membuat kuman dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Akibatnya beragam penyakit akan menyerang tubuhmu. Untuk mengetahui lebih jelasnya, simak artikel berikut ini tentang akibat mengerikan jika terlalu sering menggigit kuku dari amputasi jari hingga infeksi kulit.

1. Amputasi jari

Kebiasaan menggigit jari ternyata dapat menyebabkan kanker yang berujung pada amputasi jari. Hal itu dialami seorang remaja bernama Cortney Whithorn asal Australia. Gadis berusia 20 tahun itu divonis mengidap kanker langka acral lentiginous melanoma.

Di kukunya muncul bintik berwarna hitam kecokelatan. Untuk mengakhiri penyebaran kanker, mau tak mau Courtney harus menjalani amputasi jari.

loading...

Baca Juga: Ini Dampak Negatif Terlalu Banyak Makan Nasi

2. Merusak gigi

Menurut Richard M.D, seorang ahli kuku di Will Cornell Medical College, menjelaskan bahwa aktivitas menggigit kuku dapat merusak struktur gigi karena terlalu sering bergesekan.

Semakin lama, bentuk gigi seseorang bisa terihat aneh dari normalnya. Selain itu, menggigit kuku juga dapat menyebabkan penyakit gusi karena kuman yang terdapat pada kuku.

3. Keracunan darah

Seorang pria asal Inggris bernama Luke Hanoman pernah menderita keracunan darah akibat sering menggigigt kuku. Kondisinya semakin tidak membaik dengan diawali menderita demam dan mengeluarkan keringat dingin.

Setelah diperiksa dokter, ternyata Luke mengalami keracunan darah akibat luka di jari tangannya yang disebabkan oleh gigitan. Keracunan darah dapat melemahkan sistem imum tubuh, sehingga tubuh jadi mudah terserang penyakit.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Ternyata Bisa Memperpendek Umur Kamu

4. Infeksi kulit

Kulit di sekitar kuku yang sering digigit dapat mengalami infeksi. Infeksi tersebut diawali dari luka yang disebabkan akibat gigitan. Biasanya kulit di sekitar kuku akan memerah, membengkak dan terasa sakit.

Lebih parahnya lagi, pembengkakan kulit kuku bisa berubah warna jadi hitam. Untuk mengatasinya tentu harus segera dibawa ke dokter agar infeksinya tidak menyebar.

Setelah mengetahuinya, apakah Anda masih berani memelihara kebiasaan buruk ini?

loading...
Loading...
Loading...