in

10 Gejala Kanker Darah yang Jangan Diabaikan

10 Gejala Kanker Darah yang Jangan Diabaikan 1

Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit ganas yang menyerang sel-sel darah putih sehingga fungsinya jadi tidak normal. Saat sel darah terganggu, akibatnya bisa menyebabkan gangguan kesehatan lain yang bisa dilihat secara fisik.

Kanker darah dapat berkembang dengan sangat cepat dan bisa semakin parah seiring berjalannya waktu. Sangat jarang ada penderita leukimia yang sembuh total dari penyakit ini. Kebanyakan hanya melakukan pengobatan saja untuk memperlambat perkembangan sel kankernya.

Oleh sebab itu, kita harus waspada terhadap gejala-gejala awal kanker darah. Sebab jika penyakit ini sudah terlanjur parah, sangat jarang ada orang yang bisa sembuh dari penyakit ini.

Seperti dilansir Wow Menariknya dari Reader’s Digest, berikut 10 gejala kanker darah yang jangan diabaikan. Jika Anda mengalami gejala ini, segera periksakan ke dokter.

1. Mudah lelah

Menurut Mark Levis, MD, PhD, direktur program leukemia di Johns Hopkins Sidney Kimmel Comprehensive Cancer Center, menjelaskan bahwa mudah lelah merupakan gejala leukemia paling umum.

Gejala ini mungkin saja bisa disebabkan karena anemia atau kekurangan sel darah merah. Tapi dalam kasus kronis, Anda mungkin saja mengalami kelelahan yang amat ekstrim, padahal Anda tidak melakukan aktivitas berat. Jika merasa demikian, segera periksa ke dokter.

2. Sesak napas

Ketika Anda mudah lelah dan letih, mungkin Anda juga mengalami sesak napas. Dada terasa berat dan Anda seolah sulit sekali menghirup udara meski Anda sedang berada di ruangan terbuka. Sulit bernapas juga bisa jadi tanda gejala kanker paru-paru.

Baca Juga: 10 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan Wanita

3. Muncul memar tanpa sebab

Jika tiba-tiba muncul memar di tubuh tanpa mengalami luka fisik sebelumnya juga merupakan gejala umum kanker darah, demikian menurut Pamela Crilley, DO, ketua departemen onkologi medis di Pusat Perawatan Kanker Amerika.

Memar tersebut bisa muncul secara spontak karena trombosit yang rendah atau masalah pembekuan pada sel darah.

4. Pendarahan yang tidak wajar

Jika Anda tiba-tiba mengalami pendarahan secara tidak wajar pada bagian gusi, usus, paru-paru atau kepala, bisa jadi Anda mengalami defisiensi trombosit yang menjadi tanda leukemia akut.

5. Muncul bintik-bintik merah

Dr. Crilley menjelaskan kalau di bagian kulit tiba-tiba muncul bintik-bintik merah, hal itu juga bisa jadi gejala leukemia. Bintik-bintik merah itu bisa muncul karena pendarahan yang disebabkan defisiensi trombosit yang rendah. Biasanya bintik-bintik merah tersebut ditemukan di sekitar pergelangan kaki.

6. Gusi membengkak

Salah satu gejala yang sering ditemukan pada penderita leukemia akut adalah gusi membengkak atau hiperplasia gingiva. Gusi terlihat membengkak dan Anda mungkin merasakan sesak di bagian mulut.

7. Rasa nyeri di bagian kiri atas perut

Limpa yang membesar yang disebabkan karena kanker darah kadang-kadang bisa membuat perut terasa amat sakit. Menurut Dr. Levis, penderita leukimia kronis cenderung memiliki limpa yang telah rusak yang disebabkan pembengkakan pada bagian limpa.

Baca Juga: 5 Gejala Kanker Otak yang Sering Diabaikan

Akibatnya perut terasa sangat sakit, berbeda dengan sakit perut pada umumnya. Karena limpa terletak di kiri atas perut, bisa jadi Anda menderita leukemia kalau mengalami nyeri di bagian tersebut.

8. Wajah terlihat pucat sekali

Seperti kelelahan dan sesak napas, gejala umum leukemia lainnya adalah pucat di bagian wajah. Biasanya penderita leukemia terlihat sangat pucat sekali. Hal itu dikarenakan fungsi sel darahnya sudah terganggu oleh kanker.

9. Sakit pada bagian tulang

Sakit tulang memang bukan gejala umum leukemia, tapi sebagian besar penderita leukemia akut dan kronis mengalami nyeri pada bagian tulangnya.

Sel-sel kanker darah terbuat dari sumsum tulang, jadi ketika Anda mengalami rasa nyeri yang amat hebat pada bagian tulang, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

10. Ruam pada bagian kulit

Menurut Dr. Levis, sekitar satu dari 20 penderita leukemia mengalami ruam pada bagian kulitnya. Kulit Anda terlihat seperti memiliki benjolan berwarna merah keunguan. Satu lagi, ruam kulit terkait leukemia memiliki satu kesamaan, yaitu akan terus tumbuh dan menyebar.

Itulah beberapa gejala kanker darah paling umum yang diderita pasien leukemia. Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, segera periksa ke dokter agar segera tertangani.

Loading...
Loading...