in

Video Animasi Ini Tunjukkan Mengerikannya Lautan Dalam

Video Animasi Ini Tunjukkan Mengerikannya Lautan Dalam
Animasi lautan dalam (Foto: YouTube/Tech Insider)

Seperti yang kita ketahui, lebih dari 70% luas bumi ini dikuasai oleh lautan, sementara sisanya adalah daratan. Fakta mengejutkannya lagi, 99% total spesies yang hidup di bumi ini berada di laut. Ini membuktikan bahwa laut itu sangat luas dan menyimpan banyak misteri yang belum terpecahkan.

Tak hanya luas, tapi laut juga memiliki kedalaman yang amat dalam yang menyimpan banyak misteri. Manusia tidak bisa menyelam ke dalam laut lebih dari 600-700 kaki karena tekanan airnya sangat tinggi yang bisa menghancurkan organ tubuh manusia. Di samping itu, objek paling tinggi di muka bumi ini tetap akan tenggelam bila dimasukkan ke dalam laut.

Video animasi buatan Tech Insider ini akan menunjukkan sedikit tentang lautan dalam yang sangat mengerikan sekaligus menakjubkan.

Dimulai dari makhluk terbesar di muka bumi, paus biru yang dapat ditemukan di kedalaman 330 kaki (100 m).

Para penyelam hanya bisa menyelam sampai kedalaman 700 kaki (213 m). Rekor penyelam terdalam dipecahkan pada kedalaman 830 kaki (253 m), di mana tekanan air sangat tinggi dan bisa menghancurkan paru-paru manusia.

Namun paus bisa menyelam sampai kedalaman 1.640 kaki (500 m) untuk berburu cumi-cumi raksasa.

Video Animasi Ini Tunjukkan Mengerikannya Lautan Dalam
(Foto: YouTube/Tech Insider)

Di kedalaman 2.400 kaki (731 m), kita berada di zona berbahaya karena pada ke dalaman ini ada kapal selam yang membawa rudal nuklir.

Lalu pada kedalaman 2.722 kaki (829 m), sama dengan gedung tertinggi di planet bumi, Burj Khalifa.

Video Animasi Ini Tunjukkan Mengerikannya Lautan Dalam
(Foto: YouTube/Tech Insider)

Pada kedalaman 3.280 kaki (1.000 m), cahaya matahari tidak akan bisa masuk. Kedalaman ini disebut zona tengah malam.

Banyak makhluk laut yang tidak bisa dilihat oleh mata yang hidup di zona tengah malam ini seperti udang tak terlihat di kedalaman 7.500 kaki (2.286 m) yang hidup di dekat gunung berapi bawah laut.

Baca juga: 10 Foto Ini Buktikan Laut Itu Menyimpan Banyak Kengerian

Dengan menggunakan alat mesin penyelam, di kedalaman 9.816 kaki (3.000 m) pernah ditemukan paus berparuh cuvier.

Nah, bangkai kapal RMS Titanic ditemukan di kedalaman 12.500 kaki (3,810 m). Tekanan air di sini 378 kali lebih besar dibandingkan dengan tekanan di permukaan.

Video Animasi Ini Tunjukkan Mengerikannya Lautan Dalam
(Foto: YouTube/Tech Insider)

Turun ke zona Hadal yang berada di kedalaman 20.000 kaki (6.000 m), dimana di sini terdapat Palung Mariana. Jika gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, dimasukan ke dalam Palung Mariana, maka akan mencapai kedalaman 29.029 kaki (8.849 m).

Meskipun Gunung Everest dimasukan ke dalam laut, masih ada jarak antara laut dan permukaan yang sangat jauh. Pada tahun 2012, sutradara James Cameron pernah melakukan misi Deep Sea Challenger dimana ia berhasil mencapai kedalaman 35.756 kaki (10.898 m).

Namun rekor Cameron masih kalah dengan rekor yang dipecahkan oleh oceanographer Jacques Piccard dan Lt. Don Walsh pada tahun 1960. Merka berhasil mencapai titik terendah di bumi pada kedalaman 35.797 kaki (10.910 m).

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengerikannya lautan dalam, lihat video animasinya di bawah ini:

Bagaimana, luar biasa tidak lautan dalam itu?

Loading...
Loading...