Gokil

5 Hal Lazim di Indonesia Ini Dianggap Aneh di Luar Negeri

5 Hal Lazim di Indonesia Ini Dianggap Aneh di Luar Negeri

Memang gak ada habisnya kalau ngomongin negara kepulauan yang indah ini. Beraneka ragam suku, budaya, bahasa, sampai kebiasaan pun jadi satu disini, karena diikat oleh satu moto yaitu “Bhineka Tunggal Ika”.

Tapi justru keragaman inilah yang bikin Indonesia jadi unik dan beda terutama untuk orang-orang di negara barat sana. Ternyata, banyak hal aneh sampai lucu yang bikin mereka heran sampai mikir “Kok orang Indonesia kepikiran yaa ngelakuin itu”.

Gak heran, banyak orang asing, atau yang biasa Kita sebut Bule mengalami culture shock saat berlibur atau tinggal di Indonesia karena kelakuan lucu negara +62 ini.

Jadi apa aja sih hal-hal lazim yang biasa orang Indonesia lakuin ternyata jadi aneh dan lucu buat orang-orang luar negeri sana?

1. Makan pakai tangan

5 Hal Lazim di Indonesia Ini Dianggap Aneh di Luar Negeri

Hal ini lazim banget kita lakuin, karena memang mayoritas negara kita manusianya beragama Islam dan dalam Islam makan menggunakan tangan justru merupakan sunnah Rasulullah.

Gak heran kalau kita udah pinter makan pakai tangan dari kecil yaa wkwk. Tapi ternyata ini aneh buat orang luar negeri, mereka menganggap makan pakai tangan itu kurang higienis. Tapi itu sebelum mereka tahu manfaat sesungguhnya dari makan pakai tangan

Selain bisa memperlancar metabolisme, makan pakai tangan juga bikin rasa makanan yang kita makan jadi lebih sedap, iya kan?

Baca Juga: Di Luar Negeri, 9 Makanan Khas Indonesia Ini Memiliki Harga Berkali-Kali Lipat

2. Cebok pakai air

5 Hal Lazim di Indonesia Ini Dianggap Aneh di Luar Negeri

Yang udah pernah keluar negeri pasti tahu kalau mereka itu (maaf) cebok pakai tissue toilet. Atau Kamu pernah nonton film-film Hollywood? Pernah lihat ada adegam di toilet dan mereka cebok pakai selang air khas toilet seperti yang ada di Indonesia? Engga kan?

Banyak bule yang bilang mereka kaget ketika pergi ke toilet di Indonesia. Kalau toilet yang agak elite sih memang nyediain selang khusus dan tissue.

Gak masalah buat mereka kalau pergi ke tempat-tempat menengah keatas yang toiletnya juga elite, tapi beda cerita buat bule backpacker yang harus pergi ke toilet umum yang gak elite. Lazimnya di toilet umum itu cuma ada ember sama gayung. Mereka bingung harus ngapain. Mau ngakak tapi takut dosa.

Mereka menganggap kalau cebok pakai air itubkurang bersih, padahal menurut penelitian cebok pakai air itu justru lebih bersih dari sekedar cebok pakai tissue lho!

3. Makan jeroan sampai ceker ayam

5 Hal Lazim di Indonesia Ini Dianggap Aneh di Luar Negeri

Di negara barat sana juga makan kok jeroan sama ceker ayam, tapi yang makan doggy atau hewan peliharaan mereka. Sementara di Indonesia manusianya memang pemakan segala, mulai dari otak, jeroan, sampai kaki ayam, sapi, kambing pun dijadiin santapan disini. Tapi anehnya masakan itu enak-enak.

Saya pribadi suka banget sama usus dan ampela ayam, hmm yummy kalo dibikin rendang! Tapi jangan salah, Kita orang indonesia tahu cara membersihkan dan memasak jeroan atau ceker ayam itu dengan benar kok yaa. Jadi masakannya tetap higienis dan bergizi, dan yang pastinya enak.

4. Naik motor dan kadang overload

5 Hal Lazim di Indonesia Ini Dianggap Aneh di Luar Negeri

Kebiasaan ini justru kurang baik, dan seharusnya kita kurangin. Di luar negeri sama mayoritas orang-orangnya lebih suka jalan kaki dan naik kendaraan umum, makanya tingkat polusi udaranya pun tidak setinggi di Indonesia.

Kebalikannya, Indonesia suka banget naik motor. Timbang mau ke Indomar*t depan gang aja naik motor, kayanya males banget gitu gerakin kaki. Ditambah negara Indonesia memang negara santuy, sangking santuynya sampe gak mikirim safety saat berkendara.

Pernah liat orang naik motor bawa rumput atau barang lain yang tinggi banget, atau lebar banget sampe nutupin kendaraan dibelakangnya yang mau nyalip? Atau pernah lihat orang naik motor sambil bawa tiang-tiang sampai bawa plastik sayur buwanyak dan diatasnya ada ibu-ibu kaya di gambar ini? Selamat, Kamu sudah berada di Indonesia

5. Jongkok

5 Hal Lazim di Indonesia Ini Dianggap Aneh di Luar Negeri

Iyaa jongkok alias squatting itu hal lucu buat mereka. Dan anehnya kebanyakan orang luas sana gabisa jongkok lho haha kita patut bangga yaa

Katanya memang kebanyakan hanya orang asia yang bisa ngelakuin jongkok atau squatting ini. Mungkin memang struktur anatomi tubuhnya beda kali yaa antara orang asia dan orang barat. Atau mungkin karena udah kebiasaan dari kecil aja?

Entahlah, yang jelas jongkok atau squatting itu bikin sehat lhoo kalau dilakukan dengan cara yang benar. Jadi, kebiasaan lazim mana yang paling bikin kamu kaget dan mikir “Oh ternyata di luar negeri gak ada yaa yang kaya gini”?

Sumber : Youtube Channel ‘Bnay Channel’ dan ‘David Allen TV’
To Top