in

Ternyata Kuda Juga Bisa Jadi ‘Kanibal’

(foto: Dr Sam Bank/Daily Mail)

Beberapa hewan karnivora seperti ular memang suka memakan sesama jenisnya atau lebih kita kenal dengan istilah kanibalisme. Ternyata kanibalisme juga bisa terjadi pada hewan herbivora seperti kuda. Gak percaya simak ceritanya berikut ini.

Dua pria asal Canberria terkejut ketika melihat dua ekor kuda liar memakan sesama jenisnya sendiri bulan lalu. Pada saat itu mereka berdua sedang melakukan perjalanan kemah ke Taman Nasional Kosciuszko, di New South Wales, Australia.

Dr Don Driscoll dan Dr Sam Bank awalnya hanya melihat seekor kuda yang sudah mati dengan lubang besar di bagian perut kuda tersebut saat dalam perjalanana ke atas bukit Dead Horse Gap. Mereka menduga bahwa sesuatu telah menggigit bagian perut kuda itu. namun tak jelas siapa pelakunya.

“Aku tidak tahu apa yang bisa melakukan hal itu,” ujar Dr Driscoll, dari Universitas Nasional Australia, kepada Daily Mail Australia.

Pada keesokan harinya, dua pria yang sama-sama ahli ekologi itu kembali menuruni bukit dan menemukan siapa pelaku yang memakan bagian perut kuda yang sudah mati itu, yang tak lain adalah sesama jenisnya sendiri.

Tiga kuda kurus terlihat sedang berdiri di dekat bangkai kuda itu. Sementara itu dua ekor kuda terlihat sedang menggigit bagian dalam bangkai kuda tersebut.

Dalam sebuah situ web akademik, The Conversation, para ilmuan menulis, “Sejauh yang kami ketahui, perilaku seperti ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya.”

Diduga kuda-kuda itu melakukan aksi memakan sesama jenisnya sendiri karena kelaparan. Menurut catatan, populasi kuda liar di wilayah tersebut mencapai 2.369 pada tahun 2003, 7679 pada 2009, dan 13.000 pada tahun 2012.

Loading...
Loading...