in

Apakah Nasib Bumi di Masa Depan Akan Seperti Film-Film Ini?

Tidak ada yang tau percis seperti apa Bumi kita ini di masa depan nanti, tapi setidaknya sudah ada sedikit gambaran dari apa yang terjadi sekarang. Gambaran-gambaran itulah yang menginspirasi beberapa pembuat film untuk menceritakan kondisi Bumi di masa mendatang.

Begitu banyak film-film Hollywood yang mengambil latar di masa depan, misalnya saja The Book of Eli, After Earth, Oblivion, The Day After Tomorrow, dan masih banyal lagi. Jika diperhatikan, ternyata banyak film yang mengambil alur di masa depan itu menceritakan keadaan Bumi yang sangat buruk, baik itu akibat ulah manusia atau karena alam.

Jika manusia terus merusak alam, mementingkan kepentingan sendiri, atau menimbulkan konflik antar negara yang bisa memicu perang, tak heran kalau Bumi di masa depan akan nyaris sama dengan cerita film-film ini.

6. The Book of Eli

Film yang dibintangi oleh Danzel Washington dan Mila Kunis ini menceritakan keadaan Bumi yang benar-benar hancur rata dengan tanah akibat perang nuklir. Hasilnya dari perang tersebut tidak ada pemenang atau yang berkuasa, semua orang harus menanggung akibatnya dan mereka harus bertahan hidup di tengah sumber daya alam yang sudah nyaris habis.

Tak hanya itu, setiap orang kehilangan keyakinannya dan hidup tanpa arah tujuan, bahkan membaca saja tidak bisa. Belum lagi karena sumber daya yang sudah habis, banyak orang yang melakukan aksi kanibal untuk tetap bertahan hidup.

Setidaknya film yang disutradarai oleh Allen Hughes dan Albert Hughes ini menggambarkan sedikit bagian mengerikan dari dampak peperangan. Perlu diketehui bahwa peperangan itu bermula dari konfil kecil antar negara yang tak bisa diatasi sehingga menjadi konflik besar yang bisa memicu peperangan.

5. 2012

Semua orang heboh dengan ramalan kiamat yang akan terjadi pada tahun 2012 lalu. Hingga memicu beberapa produser film untuk menciptakan film dengan judul yang sama. Meskipun pada kenyataannya kiamat yang diramalkan itu tidak terjadi, tapi bisa saja bencana besar seperti dalam film ini akan terjadi di masa depan nanti.

Intinya film yang disutradarai oleh Roland Emmerich itu bukan menceritakan kiamat sungguhan, melainkan kiamat kecil di mana bencana alam besar-besaran akan menerjang palnet Bumi, termasuk gelombang tsunami dahsyat yang menghilangkan beberapa daratan dari permukaan bumi.

Setelah bencana alam itu, daratan-daratan baru mulai muncul, dan manusia yang selamat harus memulai membangun kehidupan mereka kembali.

Sejarah juga pernah menyebutkan bahwa jutaan tahun yang lalu pernah terjadi hal serupa di mana banjir besar pernah melanda Bumi ini hingga memisahkan beberapa kepulauan di dunia ini, sebut saja Kalimantan dan Pulau Jawa.

4. The Day After Tomorrow

Jumlah penggunaan kendaraan semakin meningkat setiap tahunnya, belum lagi ditambah efek rumah kaca yang semakin memperparah atmosfer Bumi. Tak heran kalau pemanasan global semakin parah hingga menyebabkan es di kutub mencari. Itulah gambaran mengerikan dari film yang disutradarai oleh Roland Emmerich ini.

Akibat pemanasan global tersebut, cuaca ekstrim melanda seluruh penjuru dunia, terutama Bumi bagian Utara. Mereka dipaksa kembali untuk memasuki zaman es yang menurut sejarah pernah terjadi sekitar 20.000 tahun yang lalu.

Menurut film ini, mencairnya es di kutub dapat mengganggu arus Atlantik Utara yang menyebabkan penurunan suhu besar-besaran. Akibatnya, semua yang ada di dekat badai akan membeku dalam sekejap, bahkan Patung Liberty pun ikut tenggelam ke dalam lautan es.

3. Interstellar

Dirilis 2014 lalu, film ini mengisahkan keadaan Bumi di masa depan, di mana Bumi tidak bisa lagi menopang kebutuhan umat manusia. Hal tersebut memaksa manusia untuk melakukan penjelajahan ruang angkasa untuk mencari planet baru yang layak huni.

Film yang disutradarai oleh Christopher Nolan ini setidaknya memperingatkan kita bahwa segala sesuatu yang ada di Bumi ini terbatas dan akan habis. Jika manusia tidak bisa menggunakannya dengan baik dan malah mengeksplorasi alam secara besar-besaran, Bumi ini akan terlihat seperti cangkang kosong yang tak ada isinya.

Jika Bumi sudah tidak mampu lagi menopang kehidupan umat manusia, apa yang akan kalian lakukan?

2. After Earth

After Earth mengisahkan umat manusia yang sudah meninggalkan Bumi sesudah peristiwa yang menghancurkan diri mereka sendiri. Mereka mulai membangun kembali peradaban di sebuah planet baru yang terletak sekian tahun cahaya dari Bumi.

Bumi pada saat itu memang tidak layak huni karena kondisinya yang hancur. Namun, karena sudah ditinggalkan oleh manusia, Bumi kembali berkembang dengan sendirinya. Ketika sekelompok manusia sedang terbang ke sabuk asteroid dan jatuh di Bumi, mereka menemukan hewan-hewan yang sudah berevolusi dan mendominasi Bumi.

Apakah di masa depan nanti akan ada saat di mana manusia harus meninggalkan Bumi?

1. Waterworld

Kalian pasti tahu bahwa lautan lebih luas daripada daratan. Lalu apa yang terjadi jika kutub es mencari? Tentunya hal tersebut akan menambah volume air laut sehingga permukaan Bumi akan didominasi oleh air.

Gambaran seperti itulah yang menginspirasi Kevin Reynolds untuk membuat film dengan cerita seperti itu. Waterworld mengisahkan umat manusia yang mencoba bertahan hidup di atas air laut yang asin dan mereka juga mencoba menemukan daratan baru.

Tapi jika hal seperti ini terjadi di masa depan, yakin kamu bisa bertahan hidup dengan meminum air laut yang asin? Jika tidak ingin hal seperti ini terjadi, kita sudah seharusnya menjaga Bumi kita ini.