in

4 Pelajaran Berharga dari Sosok McQueen dalam Film Animasi Cars

Kalian pasti tahu tokoh kartun utama dalam film animasi Cars, Lightning McQueen. Ya, dalam film animasi tersebut McQueen memiliki mimpi untuk memenangkan sebuah lomba balap yang sudah diimpi-imipikannya. Sayangnya, seminggu sebelum lomba dimulai, McQueen terdampar disebuah kota bernama Radiator Springs. Di sanalah McQueen mendapatkan pelejaran berharga.

McQueen dalam film animasi Cars

Meskipun awalnya McQueen berprilaku sombong atau terlalu percaya diri, tapi tahukah kamu ada banyak pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari sosok McQueen? Berikut beberapa pelajaran berharga dari sosok McQueen yang patut kita tiru.

4. Bertanggung jawab

Alasan McQueen terdampar di kota Radiator Springs dan tidak bisa kembali ke California yaitu McQueen harus memperbaiki jalan kota tersebut yang ia rusak. Memang awalnya McQueen asal-asalan memperbaiki jalan yang ia rusak, tapi seiring berjalannya waktu McQueen semakin terbiasa dengan teman-temannya di kota tersebut dan akhirnya bisa menyelesaikan jalan tersebut dengan baik.

Pelajaran berharga yang bisa kita ambil yaitu jika kita melakukan kesalahan, kita harus berani mempertanggung jawabkan kesalahan kita. Dan jangan pernah lari dari kesalahan yang kita buat.

3. Membawa kegembiraan

Kota Radiator Springs awalnya menjadi tempat singgah yang populer, tapi semenjak dibangun jalan tol, kota tersebut jadi sepi pengunjung. Kota itu terlihat sepi dan penduduknya kelihatan tidak bersemangat. Namun, McQueen membawa kegembiraan kepada mereka meskipun pada awalnya tidak.

McQueen yang terlihat sedih mendengar kisah kota ini dari temannya Sally, ia lantas berniat melakukan sesuatu untuk mengembalikan semangat penduduk. Hal pertama yang dilakukan McQueen adalah dengan memodifikasi seluruh bagian tubuh mobilnya. Dia meminta bantuan kepada penduduk Radiator Springs yang memiliki berbagai macam keahlian. Sehingga hal itu membuat para penduduk bersemangat lagi.

Pelajaran berharga yang bisa kita ambil yaitu kita harus bisa membawa kegembiaraan kepada orang-orang yang kita sayangi, baik itu keluarga, sahabat, rekan kerja, atau orang lain. Membawa kegembiraan tidak harus dengan uang atau semacamnya, cukup dengan berprilaku baik dan saling menolong sesama.

2. Kemenangan bukan segalanya

Setelah beberapa hari terdampar di Radiator Springs, akhirnya McQueen ditemukan awak media dan meminta McQueen untuk kembali ke California untuk mengikuti lomba balapan. Kepergian McQueen membuat penduduk Radiator Springs sedih.

Jika kamu tahu keseluruhan film ini, kamu pasti melihat aksi heroik McQueen di akhir garis finish. Melihat temannya yang kecelakaan, ia memutuskan untuk mundur kembali sebelum mencapai garis finish dan menolong temannya itu mencapai garis finish. Menurutnya, piala yang akan ia dapatkan jika menang hanyalah sebuah piala kosong.

Jadi, kemangan dalam sebuah lomba atau pertandingan bukanlah segalanya. Yang lebih penting bagaimana kita bertindak sportif untuk meraih kemenangan tersebut.

1. Setia pada teman

Penduduk Radiator Springs khawatir McQueen akan melupakan mereka kalau sudah jadi terkenal setelah lomba balapan itu. Tapi ditengah popularitas McQueen yang lagi melambung, ia tidak melupakan teman-temannya. Malah ia membuat kota itu ramai dikunjungi lagi.

Pelajaran berharga yang bisa kita ambil yaitu kita jangan pernah melupakan siapapun orang yang pernah mengisi hari-hari kita. Karena kita tidak akan bisa sesukses sekarang tanpa bantuan dan dukungan dari mereka.