in

Begini Cara Patah Hati Membunuh Anda

Begini cara patah hati membunuh Anda
Foto: lewatmana.com

Tidak ada seorangpun yang ingin merasakan pahitnya patah hati. Kondisi sakit emosional ini bisa membuat Anda depresi, cemas dan perasaan terasa sakit banget padahal tidak ada luka atau darah yang keluar. Ada banyak faktor yang menyebabkan patah hati, seperti kehilangan orang yang dicintai, putus hubungan atau penolakan cinta. Semua itu bisa membuat seseorang menderita patah hati.

Butuh waktu lama untuk sembuh dari patah hati tergantung tekad penderitanya. Dalam beberapa kasus, ada yang sampai bertahun-tahun dan bahkan merasa tidak kuat lagi menanggung sakit hati tersebut hingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Itu membuktikan kalau patah hati ternyata bisa meningkatkan risiko kematian seseorang.

Menurut penelitian saja, seseorang yang mengalami patah hati yang mendalam, risiko kematian juga akan meningkat secara signifikan. Lalu bagaimana caranya patah hati membunuh Anda?

Tekanan karena kesedihan dan stres

Begini cara patah hati membunuh Anda
Foto: uniquefunda.com

Tekanan karena kesedihan bisa berdampak pada kesehatan secara umum. Di sisi lain kesedihan bisa menyebabkan stres. Jika seseorang sudah menderita stres akut, hal itu bisa meningkatkan adrenalin dan pada akhirnya menyebabkan serangan jantung.

Baca Juga: 8 Makanan Untuk Menyembuhkan Patah Hati, Biar Cepat Move On!

Kondisi tersebut disebut sindrom taksubo cardiomyopathy

Begini cara patah hati membunuh Anda
Foto: healheartbreaknow.com

Sindrom ini merupakan sekarat karena patah hati tapi sangat langka terjadi. Orang yang menderita sindrom ini akan menderita sakit hati yang mendalam. Jika dibiarkan terlalu lama, hal itu bisa merusak kesehatan dan bahkan mentalnya.

Sindrom ini juga berkaitan erat dengan depresi yang menjadi salah satu penyebab serangan jantung. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang pakar jantung asal Australia bernama Nikki Stamp, menemukan orang yang mengalami patah hati akut, jantungnya secara fisik mulai melemah dan menggembung. Meskipun demikian, tidak semuanya penderita sindrom ini meninggal.

Baca Juga: Hal Mengerikan Akan Terjadi Pada Tubuh Saat Patah Hati

Intinya, patah hati menyebabkan stres yang amat mendalam, dan stres dapat meningkatkan detak jantung dan tekanan darah Anda, membuat jantung bekerja lebih cepat serta dapat merusak sistem kekebalan tubuh Anda.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi patah hati yaitu segera move on alias jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Jangan biarkan kejadian dan kenangan pahit selalu menghantui Anda, lihatlah ke depan, masih banyak hal membahagiakan yang sedang menantimu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...