in

Apa yang Terjadi Jika Anda Tidur Tanpa Menggunakan Bantal?

Apa yang Terjadi Jika Anda Tidur Tanpa Menggunakan Bantal?
Foto: snoringcanada.com

Bantal merupakan komponen penting yang harus ada ketika Anda tidur. Fungsinya adalah sebagai ganjal kepala agar kita nyaman dan rileks selama tidur. Yang jadi pertanyaan, mana yang paling sehat, tidur dengan atau tanpa bantal?

Saat Anda berjalan tegak, kepala dan leher berada dalam posisi vertikal di atas tulang belakang yang ditopang oleh otot-otot tubuh. Namun saat tidur, otot-otot yang menopang Anda saat berjalan berada dalam keadaan rileks. Di situlah fungsi bantal untuk meletakan kepala dan leher dalam posisi yang sejajar dengan tulang belakang.

Tapi pernahkah Anda bangun dalam keadaan sakit leher? Kemungkinan besar sakit leher ketika bangun disebabkan oleh bantal atau posisi tidur yang tidak benar. Terlepas dari semua itu, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika tidur tanpa menggunakan bantal.

1. Tidur tanpa bantal baik untuk leher dan punggung

Tidur tanpa bantal membantu Anda beristirahat dalam posisi alami tanpa ada konsekuensi kesehatan. Sementara itu tidur dengan menggunakan bantal dapat menurunkan aliran darah ke kepala Anda.

Jika kepala Anda berada dalam posisi miring ke bawah di atas bantal, maka aliran udara melalui sistem pernapasan akan berkurang secara signifikan. Oleh sebab itu, Anda kadang suka merasa pusing dan sakit kepala ketika bangun.

Baca Juga: Yuk, Intip Kepribadian Lewat Posisi Tidur Kamu

Di sisi lain, menumpuk dua hingga tiga bantal di bawah kepala dan leher dapat merusak posisi tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit di punggung Anda. Tidur dalam posisi ini untuk waktu yang lama dapat menyebabkan sakit punggung kronis dan otot jadi tegang.

Nah, kalau Anda sering mengalami rasa sakit di pagi hari, sebaiknya Anda tidur tanpa menggunakan bantal.

2. Dapat mencerahkan wajah Anda

Saat tidur di atas bantal, kedua sisi wajah Anda biasanya suka terdempet sehingga menghentikan sirkulasi darah pada kulit wajah. Ketika wajah ditekan di atas bantal, itu akan mencegah udara masuk ke pori-pori pada kulit. Selain itu, debu dan kotoran pada bantal juga bisa bersentuhan dengan wajah Anda. Akibatnya wajah Anda kehilangan sinarnya.

Baca Juga: Suka Berbicara Saat Tidur? Ini Artinya!

Untuk memastikan mana yang lebih baik, coba Anda tidur satu atau dua malam saja tanpa menggunakan bantal. Dan lihat mana yang lebih baik manfaatnya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...