in

5 Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot, Berikut Caranya

Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot
Foto: brightside.me

Pernahkah Anda berangan-angan memiliki tanaman buah sendiri di rumah, sehingga Anda bisa memetik buahnya kapan saja? Sayangnya, menanam pohon buah bukan perkara mudah karena Anda memerlukan bibit yang bagus serta tanah yang cocok. Di sisi lain Anda harus bersabar selama bertahun-tahun sampai buahnya tumbuh.

Jika Anda tidak memiliki sepetak bidang tanah untuk menanam pohon buah, Anda bisa menanamnya dalam pot bunga. Tapi tidak semua jenis buah-buahan bisa ditanam dalam pot, hanya ada beberapa saja seperti beberapa tanaman buah berikut ini.

Dilansir Wow Menariknya dari Brightside.me, berikut lima tanaman buah yang bisa ditanam dalam pot berikut caranya agar bibit buah yang Anda tanam bisa tumbuh dengan baik.

1. Jeruk keprok

Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot
Foto: brightside.me

Jeruk keprok adalah tanaman hijau sepanjang 10-15 kaki. Jika Anda ingin menanam jeruk keprok dalam pot, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Tempatkan tanaman di tempat yang cukup terang tetapi tidak di bawah sinar matahari secara langsung. Gunakan tanah yang dikeirngkan dan siram sesering mungkin, tetapi jangan terlalu basah.
  • Gunakan biji dari buah yang lebih segar karena lebih bagus untuk pertumbuhan nantinya. Lalu tanam biji tersebut di musim semi atau awal musim panas.
  • Ketika bibit mulai membesar, pindahkan ke pot yang lebih besar lagi.

Biasanya jeruk keprok membutuhkan waktu 4 sampai 7 tahun dari awal penanaman sampai berbunga dan berbuah.

Baca Juga: Cara Hialngkan Bau Sepatu Dengan Teh Celup

2. Lemon

Tanaman Buah yang Bisa Ditanam Dalam Pot
Foto: brightside.me

Anda bisa dengan mudah menumbuhkan lemon dalam pot. Ikuti cara-cara sederhana berikut ini:

  • Pertama-tama Anda tanam dulu 5-10 biji lemon sekaligus untuk mengantisipasi bila ada yang tidak tumbuh. Pilihlah biji yang tampak gemuk dari lemon segar.
  • Jangan lupa menjaga tanahnya tetap lembab, cukup siram 2-3 kali dalam seminggu.
  • Bibit lemon membutuhkan waktu 10-14 jam untuk menerima sinar matahari, sementara lemon yang sudah tumbuh hanya membutuhkan waktu 8 jam saja.
  • Jika akar tanaman lemon sudah keluar dari pot, sebaiknya Anda pindahkan ke pot yang lebih besar.

Setidaknya diperlukan waktu sekitar 5 tahun sampai pohon lemon yang Anda tanam bisa menghasilkan buah. Dalam beberapa kasus ada yang sampai menunggu 15 tahun.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...