in

10 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Diwaspadai

10 Makanan Penyebab Asam Urat yang Harus Diwaspadai

Penyakit asam urat disebabkan karena kadar asam urat dalam tubuh terlalu tinggi sehingga menyebabkan penumpukan kristal di persendian. Akibatnya, sendi-sendi terasa nyeri dan bengkak. Sementara itu, dalam tubuh ada yang disebut purin, zat alami yang memproduksi asam urat. Jika zat ini semakin banyak, maka semakin banyak pula kadar asam urat yang diproduksi tubuh.

Walau pada dasarnya tidak ada makanan yang menyebabkan asam urat, namun jika kadar asam urat sudah terlalu tinggi, Anda harus mewaspadai beberapa makanan berikut ini. Hal itu dikarenakan beberapa makanan ini mengandung zat purin yang bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh Anda. Langsung saja, berikut 10 makanan penyebab asam urat yang harus Anda waspadai.

1. Daging merah

Daging sapi dan domba termasuk daging merah yang mengandung purin dalam jumlah yang tinggi. Jika kadar asam urat Anda sudah tinggi, sedikit saja mengkonsumsi daging merah, asam urat Anda bisa kambuh. Anda bisa langsung merasakan nyeri sendi.

Untuk memastikan tubuh tetap mendapatkan asupan protein yang cukup, Anda bisa menggantinya dengan protein nabati, seperti kedelai, tempe dan tahu.

2. Jeroan

Baik itu jeroan sapi, domba dan hewan lainnya, juga mengandung purin yang tinggi. Kalau dikonsumsi secara berlebihan saat asam urat Anda di atas normal, maka jangan heran asam urat Anda akan kambuh. Jika ingin mengkonsumsi jeroan, pastikan jangan terlalu banyak dan pastikan pula asam urat Anda sedang berada di bawah normal.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Diabetes yang Jarang Disadari

3. Daging ayam

Selain daging sapi, daging ayam juga sama-sama mengandung purin yang cukup tinggi, yakni sampai 175 mg dalam 100 gram daging ayam. Oleh sebab itu, Anda jangan terlalu banyak memakan daging ayam. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ganti dengan asupan protein nabati agar asam urat tidak kambuh.

4. Ikan laut

Bagi penggemar seafood tapi memiliki asam urat tinggi, sebaiknya hindari saja. Ikan laut seperti sarden, teri, kerang, udang dan lobster, mengandung purin yang tinggi. Selain itu, kandungan lemak jenuh dalam ikan laut cukup tinggi yang juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

5. Sayuran hijau

Disamping memiliki banyak manfaat, sayuran hijau ternyata kurang baik untuk penderita asam urat. Sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan asparagus, mengandung purin yang cukup tinggi, yakni sekitar 90-100 mg. Namun sayuran tidak separah daging merah, jadi Anda tetap bisa mengkonsumsinya asalkan jangan berlebihan.

6. Minuman manis

Menurut penelitian, meminum minuman manis seperti sirup dalam jumlah yang banyak bisa meningkatkan risiko terkena asam urat. Sebab, rasa manis dari gula fruktosa dalam minuman manis dapat merangsang asam urat.

7. Produk susu

Produk dari olahan susu, seperti keju, es krim, yoghrut dan susu juga dapat meningkatkan kadar asam urat. Namun jika Anda ingin tetap mengkonsumsinya, pilihlah produk susu yang rendah lemak atau lebih baik lagi bebas lemak.

Baca Juga: Kenali Gejala Tak Biasa dari Kanker Paru-Paru

8. Kacang-kacangan

Mulai dari kacang tanah dan kacang hijau merupakan makanan non-hewani yang juga mengandung banyak purin sebesar 127 mg dalam setiap 100 gram kacang-kacangan. Jika dikonsumsi berlebihan, akibatnya bisa menyebabkan asam urat Anda kambuh.

9. Roti manis

Dalam 100 gram roti manis, ada kandungan purin sebesar 100-1.000 mg. Dengan kandungan purin setinggi ini, roti manis berpotensi menyebabkan asam urat. Jika ingin makan roti, lebih baik Anda memilih roti gandum.

10. Daging bebek

Jika asam urat Anda sudah tinggi, lebih baik Anda jangan berani memakan daging bebek walau rasanya enak. Sebab kadar purin dalam daging bebek lebih tinggi dibandingkan dengan daging ayam.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...