in

Kenali Gejala Tak Biasa dari Kanker Paru-Paru

Kenali Gejala Tak Biasa dari Kanker Paru-Paru
Foto: fortissima.com.br

Paru-paru merupakan organ paling penting dalam tubuh yang membuat kita bisa bernapas. Akibatnya bisa fatal bila paru-paru mengalami rusak atau bahkan terkena sel kanker.

Menurut data WHO saja, kanker paru-paru jadi pembunuh nomor satu di dunia yang menyebabkan jutaan orang meninggal. Jadi sangat penting bagi kita untuk mengenali gejala awal kanker paru-paru agar segera bisa dilakukan tindakan pencegahan.

Dilansir dari situs The Health Site, berikut gejala-gejala tak biasa dari kanker paru-paru yang jarang diketahui. Jika menemukan gejala ini, sebaiknya segera periksa ke dokter.

1. Jari, leher dan wajah jadi bengkak

Jari tangan dan kaki bengkak sering dialami oleh penderita kanker paru-paru dengan osteoarthropathy paru hipertrofik (HPOA). Sedangkan bengkak pada wajah dan leher yang tidak diketahui penyebabnya, bisa jadi itu adalah gejala kanker paru-paru. Hal itu dikarenakan tumor akan menekan pembuluh darah yang mengantarkan darah dari jantung ke kepala.

2. Mudah kelelahan

Jika Anda mudah lelah tanpa alasan yang jelas, kemungkinan besar itu disebabkan oleh kanker paru-paru. Pasalnya sel kanker mampu melepaskan zat kimia ke dalam darah yang dapat mempengaruhi kadar oksigen dalam darah. Akibatnya Anda akan mudah lelah meski tidak cape-capean.

Baca Juga: Ilmuwan: Minum Air Panas Bisa Sebabkan Kanker

3. Nyeri tulang

Menurut American Cancer Society, ketika kanker menyebar ke bagian tubuh lain, rasa nyeri pada tulang punggung dan pinggul bisa terjadi. Rasa nyeri ini juga bisa jadi tanda awal kanker paru-paru.

Itulah beberapa gejala kanker paru-paru yang jarang diketahui banyak orang. Sebaiknya segera periksa ke dokter jika mendapati gejala-gejala di atas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%