in ,

Buka Banyak Harta, Ini Makna Sukses yang Sebenarnya, Gak Sembarang Orang Bisa Meraihnya

Setiap orang pasti ingin sukses untuk meraih kebahagian hidup. Oleh karena itu, kita akan bekerja banting tulang tanpa kenal lelah untuk mendapatkan kesusksesan yang kita dambakan itu. Ketika ditanya apa sukses itu, apa yang akan Anda jawab?

Anda dan kebanyakan orang lainnya pasti menganggap kalau sukses itu identik dengan banyak harta. Dalam kata lain, orang yang kaya raya sudah dipastikan hidupnya sukses. Padahal bukan itu makna sukses yang sebenarnya.

Sebelum menjawab apa makna sukses itu, kita ilustrasikan dulu deh pada kehidupan nyata. Karena kebanyakan orang menganggap kalau sukses itu identik dengan banyak hartanya, punya pekerjaan mapan dan jabatan tinggi, sekarang tanya pada diri sendiri, apakah banyak harta bisa menjamin seseorang hidup bahagia?

Faktanya, banyak orang kaya di luar sana yang hidupnya gelisah memikirkan bagaimana cara menambah dan mempertahankan hartanya. Mereka disibukan oleh hartanya sendiri sampai menyiksa tubuh dan jiwanya, mereka bahkan tak bisa tidur nyenyak memikirkan perusahaannya. Gelisah hartanya takut ada yang mencuri.

Mereka bahkan tidak memiliki waktu merasakan kebahagian berkumpul bersama keluarga saking sibuknya. Mereka memang bebas membeli apa saja yang diinginkannya, tapi hidupnya seolah sempit dan langkahnya seolah terbatas. Hidupnya begitu terkekang.

Baca Juga: Susah Senang Bagaikan Siang dan Malam yang Silih Bergantian, Jadi Nikmati Saja!

Bahkan sebagian orang menghalalkan segala cara untuk menambah kekayaannya, seperti korupsi, mencuri, membunuh atau menjatuhkan orang lain. Sekilas mereka berpikir sudah mendapat kebahagian, tapi mereka malah mendapatkan kesengsaraan. Kekayaan yang mereka dapatkan malah membuat hatinya jadi sengsara dan gelisah.

Benih-benih prasangka buruk mulai tumbuh dalam jiwanya. Mereka takut saudara dan kerabatnya sendiri mencuri kekayaannya, dan kemudian memusuhinya. Benih-benih dengki mulai muncul, mereka tak senang melihat orang lain mendapatkan kebahagian meski dirinya sendiri sudah memiliki banyak harta.

Rumahnya memang luas, tapi hidupnya terasa sempit seperti tinggal di rumah yang kecil, emasnya memang banyak, tapi hatinya tak pernah tentram karena merasa seperti terbakar oleh lelehan emas, makanannya memang lezat-lezat, tapi lidah dan perutnya tidak bisa merasakan kenikmatan tersebut. Hartanya memang banyak, tapi hatinya resah takut ada polisi yang mengetuk pintu rumahnya.

Tapi di sisi lain, banyak orang yang hidupnya miskin, tinggal di gubuk yang kecil, tapi hidupnya terasa bebas. Mereka tidak memiliki emas, tapi hatinya tentram. Mereka juga makan seadanya, tapi lidah dan perutnya bisa merasakan kenikmatan makanan tersebut. Mereka memang tidak memiliki uang, tapi mereka seolah memiliki segalanya, yaitu cinta, kasih sayang, dan kebersamaan.

Jika seandainya Anda kaya raya tapi hidup seperti ilustrasi di atas, apakah Anda pantas disebut sukses? Sukses itu bukan sola harta, tapi seolah kebahagian hati.

Menurut Wow Menariknya sih, sukses itu bisa diartikan kalau kita harus bisa menjalani kehidupan ini dengan sepenuh hati dan sebaik mungkin. Kita bisa bersyukur atas apapun yang kita dapatkan, entah itu nilainya kecil atau besar. Dengan begitu hati akan terasa tenang dan tentram, tidak gelisah, dan hanya dipenuhi oleh kebahagiaan meskipun banyak cobaan pahit sedang kita alami.

Intinya sukses itu kita akan selalu merasakan kebahagian dalam hati meski sedang banyak rintangan hidup yang kita alami.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%