in

Jika Dimaknai, Dahsyatnya Doa Duduk di Antara Dua Sujud Bisa Menggetarkan Hati

Dahsyatnya Bacaan Duduk di Antara Dua Sujud Bisa Menggetarkan Hati

Sebagai seorang Muslim, tentu kita sudah tahu tentang tata cara sholat, termasuk dari gerakannya dan juga bacaannya. Jika dipahami, bacaan yang terdapat dalam setiap gerakan sholat ternyata mengandung makna yang mendalam yang bisa menyentuh hati kita.

Seperti halnya bacaan duduk di antara dua sujud yang semuanya berupa doa atau permohonan. Ada delapa kata dalam bacaan duduk di antara dua sujud, di mana masing-masing kata tersebut merupakan sebuah doa.

Bila kamu memaknai setiap kata saat membacakan doa duduk di antara dua sujud ketika sholat, kamu mungkin akan meneteskan air mata. Kira-kira seperti inilah makna bacaan duduk di antara dua sujud yang akan menggetarkan hati kamu.

Baca Juga: Ciri-Ciri Orang Yang Melakukan Sholat Jurusan Neraka

1. Rabbighfirli (Tuhanku, ampunilah aku)

Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku. Hamba hanya manusia berlumuran dosa yang tidak luput dari kesalahan, sedangkan Engkau adalah Maha Pengasih lagi Maha Pengampun, ampunilah dosa-dosaku dan jauhkan hamba dari segala macam perbuatan dosa.

2. Warhammi (Kasihinilah aku)

Sayangilah hambaMu yang lemah dan tak berdaya ini. Jangan sampai hamba ditinggalkan sendiri tanpa belas kasihMu. Celaka…. celaka aku Ya Allah bila Engkau tidak menyayangi aku.

3. Wajburni (Cukupkanlah segala kekuranganku)

Ya Allah, cukupkanlah segala kekuranganku. Jangan sampai hati ini selalu merasa kurang dan kurang yang akan selalu menyiksaku dan malah semakin menjauhkan aku dariMu Ya Allah. Jadikan hamba orang yang selalu bersyukur atas apa yang Engkau berikan kepadaku, baik itu wujudnya yang manis ataupun pahit.

4. Warfa’ni (Angkatlah derajatku)

Tingkatkan pangkat iman dan taqwa ku di hadapanMu Ya Allah. Dan angkatlah derajatku di hadapanMu Ya Allah. Jangan sampai diriku dihinakan olehMu di dunia maupun di akhirat.

5. Warzuqni (Berikan rezeki kepadaku)

Berikanlah hambamu rezeki kecil berupa sandang, pangan dan papan untuk menopang ibadahku, berikan pula hambamu rezeki besar berupa udara, air, tanah dan api. Dan mudah-mudahan Engkau limpahkan kepadaku nikmat yang agung, yaitu nikmat iman dan Islam.

6. Wahdini (Berilah aku petunjuk)

Tunjukkan jalan Islam yang benar dan lurus kepadaku Ya Allah. Jangan biarkan aku tersesat saat menempuh perjalanan duniawi yang penuh cobaan dan godaan ini. Berikanlah aku keteguhan dan kekuatan iman yang kokoh.

7. Wa’afini (Berikan kesehatan kepadaku)

Betapa besarnya nikmat sehat yang Engkau berikan kepadaku selama ini. Mudah-mudahan sehatku ini bisa aku gunakan untuk beribadah kepadaMu bukan untuk menentang perintahMu. Sehatkan pula rohaniku, bersihkan hambamu ini dari segala penyakit hati yang bisa merusak iman di dalam dadaku.

8. Wa’fu’anni (Berikan ampunan kepadaku)

Ampunilah segala kesalahan dan dosa-dosaku. Tanpa ampunanMu, celakaah hambaMu ini Ya Allah. Jangan biarkan hambaMu ini suka mengulang-ngulang kesalahan yang sama.

Itulah sedikit dari luasnya makna doa dalam bacaan duduk di antara dua sujud. Maknailah doa tersebut sampai hati kamu tergetar saat mendirikan sholat. Dan ingat, jangan sampai prilaku kita di kehidupan nyata bertentangan dengan doa yang kita bacakan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%