in

Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Ini Jika Ingin Wajahmu Mulus

Hindari Kebiasaan-Kebiasaan Ini Jika Ingin Wajahmu Mulus
Ilustrasi (Foto: cewekbanget.id)

Siapa sangka kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan dapat mempengaruhi wajah? Ada kebiasaan yang mampu membuat wajah menjadi mulus dan cantik cantik namun ada juga yang dapat merusak wajah.

Kulit wajah merupakan daerah yang cukup sensitif sehingga butuh perawatan ekstra. Bukan hanya perawatan intensif yang biasa di dapatkan di salon kecantikan, ternyata ada faktor lain yang dapat mempengaruhi kulit wajah.

Jika kamu sudah mengoptimalkan perawatan wajah namun hasil yang didapat belum maksimal, mungkin kamu masih melakukan kebiasaan ini yang ternyata tak baik untuk wajahmu. Apa saja?

Loading...

1. Tidur menyamping

(Foto: acmh.org)

Setiap orang pasti memiliki posisi tidur yang membuat tidur enjadi nyenyak, namun tahukah kamu jika posisi tidur menyamping tidak baik untuk wajah?

Hal ini dikarenakan kotoran yang menempel pada wajah dapat berpindah pada kulit dan membuat kulit berjerawat. Bukan hanya itu, tidur menyamping juga akan membuat cairan menumpu di bagian bawah mata akibat gravitasi.

Untuk mencegahnya, kamu bisa mengganti sarung bantal secara rutin dan kurangi kebiasaan tidur menyamping.

2. Berendam air hangat

(Foto: lifehealthandbeauty.com)

Berendam air hangat setelah lelah seharian bekerja memang membuat tubuh rileks, namun berendam dalam air hangat justru akan membuat kulit kering. Kenapa?

Air hangat akan mengikir lapisan lipid atau lapisan pengikat sel kulit. Lapisan ini memiliki fungsi untuk melindungi kelembapan kulit. Bisa dibayangkan jika lapisan ini terus terkikis maka kulit akan semakin hilang kelembapannya dan akan mulai keriput.

3. Mengkonsumsi makanan asin

(Foto: npr.org)

Siapa yang tidak menyukai makanan asin? Hampir semua makanan memiliki rasa asin di dalamnya. Ternyata konsumsi makanan asin berlebih bukan hanya tak baik untuk tubuh namun juga untuk kulit.

Baca juga: Sederhana, Ini 4 Tips Rahasia Wajah Cantik Ala Wanita Korea

Makanan asin kaya akan sodium yang dapat membuat kulit kering, hal ini dikarenakan sodium mampu mengangkat kelembapan kulit. Untuk itu, mulai sekarang kurangi makanan asin dan perbanyak buah, sayur atau kacang-kacangan.

4. Terlalu sering menggosok wajah

(Foto: allure.com)

Menggosok wajah atau scrubbing untuk merontokan kotoran dan sel kulit mati sebaiknya dilakukan satu sampai dua kali saja dalam seminggu. Ternyata butiran kasar dalam scrub mampu merusak kulit wajah.

Beberapa produk kecantikan memang menggunakan bahan alami sebagai scrub, namun tetap harus diperhatikan karena sudut tajam pada butiran scrub dapat mengiritasi kulit. Untuk mencegahnya, pilihlah scrub dengan butiran halus dan bundar.

5. Mengernyitkan mata

(Foto: wrinklefreeme.ie)

Meski sepele, kebiasaan mengernyitkan mata dapat membuat kulit cepat keriput. Jika kamu punya kebiasaan ini, kulit mata akan berkerut dan kelamaan kulit akan menua.

Jika kamu memiliki kebiasaan mengernyitkan mata karena penglihatan kurang jelas, cobalah periksakan mata agar kebiasaan ini dapat dikurangi.