Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri dari Serangan Teroris
Ilustrasi (Foto: WowMenariknya.com)
in

Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri dari Serangan Teroris

Bahaya bisa mengancam Anda kapan saja dan di mana saja tanpa diduga-duga. Salah satunya serangan teroris atau penembakan massal yang mungkin saja terjadi di sekitar Anda. Jika terjebak dalam keadaan seperti itu, tentu nyawa Anda akan jadi taruhannya.

Ketidaktahuan Anda untuk mengatasi kondisi genting seperti itu justru malah semakin membahayakan nyawa Anda. Tak sedikit korban tak bersalah yang tewas dalam aksi teroris dan penyergapan karena mereka bertindak gegabah.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa menyelamatkan Anda jika seandainya terjebak dalam serangan atau penyergapan yang dilakukan komplotan para penjahat. Dikutip Wow Menariknya dari Bright Side, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan diri dari serangan teroris.

Baca Juga: Begini Cara Agar Selamat dari Lift yang Terjatuh

1. Mengamati

Aksi penembakan biasanya terjadi di tempat umum. Bila seandainya Anda terjebak dalam situasi tersebut dan sulit untuk melarikan diri, pertama-tama amatilah lingkungan di sekitar Anda dan coba cari pintu keluar. Setelah itu Anda tetap mengamati gerak-gerik para pelaku, ketika mereka lengah, baru Anda melarikan diri.

2. Melarikan Diri

Dalam situasi ini, melarikan diri adalah salah satu jalan keluar untuk menyelamatkan nyawa Anda. Biarkan barang-barang Anda tertinggal juga, yang penting nyawa Anda bisa diselamatkan. Jendela bisa jadi jalan keluar yang paling cocok untuk melarikan diri. Selain itu, berlarilah secepat mungkin, dan bila pelaku kejahatan terlanjur melihat Anda, cobalah berlari zig-zag.

3. Sembunyi

Jika tidak ada celah untuk melarikan diri, bersembunyi di tempat yang kira-kira tidak akan terjangkau oleh teroris adalah pilihan yang tepat. Sembunyilah selama mungkin sampai polisi bisa mengatasi keadaan.

4. Ambil Senjata

Ambil benda apa saja yang bisa digunakan sebagai senjata untuk melindungi diri Anda, seperti gunting, payung, atau sapu. Memang cara ini memunginkan Anda untuk berkelahi dengan pelaku, tapi tidak terlalu dianjurkan bila Anda kurang berani dan tidak yakin. Gunakanlah senjata hanya untuk melindungi diri sendiri terlebih dahulu.

5. Punya Kemampuan Bela Diri

Di sinilah pentingnya kita memiliki kemampuan bela diri. Setidaknya Anda bisa melawan para pelaku kejahatan selama masih memungkinkan. Keahlian seperti menjatuhkan tubuh, menangkis pukulan dan keahlian lainnya sangat diperlukan untuk menyelamatkan diri Anda dan orang lain. Seperti dalam film gitu!

Loading...