in

Wajib Tahu, Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Berkedip

Wajib Tahu, Ini yang Terjadi Pada Otak Saat Berkedip
Foto: steemit

Menurut ilmu medis, berkedip berfungsi untuk menjaga mata agar tetap optimal dan menjaga kelembapannya. Selain itu, berkedip juga dapat membersihkan debu yang masuk ke dalam mata sehingga penglihatan tidak kabur.

Selama sepersekian detik, kita mengedipkan mata berulang kali. Tidak berkedip selama 30 detik atau 1 menit saja, mata akan terasa perih dan mulai memerah serta berair. Selain menjaga mata agar tetap berfungsi dengan baik, ternyata ada beberapa hal yang terjadi saat berkedip, terutama pada bagian otak.

Bekerja menstabilkan penglihatan

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology 2016 menjelaskan bahwa otak akan bekerja untuk menstabilkan penglihatan mata ketika berkedip. Otak secara konsisten akan menstabilkan otot-otot mata yang sebenarnya tidak akurat dan lelet.

Loading...

Baca juga: Begini Penampakan Air Mata Bila Diperbesar, Sangat Indah!

Memfokuskan mata

Saat berkedip, mata memiliki gerakan yang sangat unik. Gerakan itulah yang dapat membantu mata setelah fokus melihat objek yang berputar. Ini membuktikan bahwa otak berusaha memperbaiki tingkat fokus mata.

Membuat Anda tidak sadar sudah berkedip

Meskipun berkedip sering sekali, pasti kita tidak sadar sudah berkedip. Saat berkedip, otak akan menekan sinyal saraf tertentu yang membuat Anda tak sadar sudah mengedipkan mata. Itulah alasan kenapa kita jarang menyadari kedipan.

Jika dipikir-pikir lagi, betapa besarnya nikmat yang diberikan Tuhan yang Maha Esa kepada kita hanya dilihat dari berkedip saja. Bayangkan jika Tuhan mematok kita untuk berkedip 1 menit sekali? Jadi jangan lupa bersyukur yah!