in

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Amal Sholeh dan Amal Baik

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Amal Sholeh dan Amal Baik
Ilustrasi (Foto: rindang.or.id)

Allah SWT mewajibkan setiap umat manusia untuk berbuat kebaikan dan beramal sholeh agar mendapatkan pahala yang kelak bisa menyelamatkannya dari siksa api neraka. Lantas apa bedanya antara amal baik dan amal sholeh?

Banyak umat Muslim yang menganggap kalau amal baik dan amal sholeh itu sama. Memang dilihat dari tindakan, amal baik dan amal sholeh itu sama-sama melakukan kebaikan bagi diri sendiri maupun orang lain. Tapi sebenarnya ada perbedaan antara amal sholeh dan amal baik yang wajib kamu ketahui.

Yang pertama harus Anda ketahui yaitu Allah hanya menerima amal sholeh bukan amal baik. Apa maksudnya?

Loading...

Amal baik belum tentu masuk dalam amal sholeh, tapi amal sholeh sudah pasti masuk dalam amal baik.

Ketika seorang Muslim melakukan kebaikan, belum tentu kebaikannya tersebut masuk dalam amal sholeh. Suatu kebaikan bisa disebut amal sholeh apabila kebaikan tersebut dilakukan atas nama Allah dan semata-mata hanya ingin mendapatkan pahala dari Allah.

Tapi apabila suatu amal kebaikan dilakukan tanpa ada niat karena Allah, maka amal tersebut hanya berstatus sebagai amal baik saja dan tidak akan diterima oleh Allah.

Baca juga: 5 Ayat Alquran Untuk Obati Permasalahan Hidup

Apalagi jika niatnya ingin dipuji atau ada maksud lain yang bertentangan dengan perintah Allah, maka amal baik itu akan berubah jadi dosa.

Lalu bagaimana agar amal baik jadi amal sholeh?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lakukanlah kebaikan atas nama Allah dan semata-mata hanya ingin dipuji oleh Allah. Maka amal kebaikan yang kita lakukan termasuk dalam amal sholeh yang pasti akan diterima oleh Allah.

Oleh sebab itu, kebaikan yang dilakukan orang kafir, sebesar apapun kebaikan itu, tetap tidak akan diterima oleh Allah karena kebaikan yang mereka lakukan bukan atas dasar nama Allah.

Jadi, lakukan kebaikan dan teruslah beramal sholeh terhadap diri sendiri maupun orang lain atas dasar ingin dinilai baik oleh Allah. Intinya apapun kebaikan yang Anda lakukan hanya untuk mendapatkan pahala dari Allah, jangan sampai ada maksud lain selain Allah.