Siap-Siap, 4 Penderitaan Ini Akan Dihadapi Mahasiswa Setelah Lulus

Siap-Siap, 4 Penderitaan Ini Akan Dihadapi Mahasiswa Setelah Lulus

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu seorang mahasiswa yaitu bisa diwisuda. Betapa bahagianya mahasiswa ketika itu, senyum ceria tersirat di wajah mereka yang menandakan betapa senangnya bisa lulus kuliah. Mereka bahagia karena menganggap tidak akan ada lagi beban setelah itu.

Tapi coba renungkan di balik kebahagian itu, ternyata kelulusan adalah awal dari penderitaan. Kebanyakan mahasiswa tidak sadar kalau setelah lulus nanti bakalan banyak masalah dan penderitaan yang jauh lebih berat lagi dibandingkan saat masa kuliah.

Loading...

Mungkin inilah penderitaan-penderitaan yang akan dihadapi para mahasiswa setelah lulus. Makannya dari sekarang harus persiapakan diri.

1. Sulit mencari kerja

Saat kuliah, mungkin kamu menganggap kalau mencari kerja itu sangat mudah, yang penting lulus dulu, soal kerja gimana nanti saja. Pas giliran kamu mencari kerja, baru kamu akan merasakan betapa sulitnya mencari pekerjaan di Indonesia itu.

Mencari pekerjaan itu tak semudah seperti yang kamu bayangkan. Perusahaan hanya akan menerima karyawan yang memiliki keahlian, bukan yang IPK nya bagus tapi tidak punya keahlian sama sekali.

Pada fase ini, mungkin kamu akan sedikit menderita keliling ke sana ke mari hanya untuk mencari pekerjaan sambil nganggur.

2. Dapat pekerjaan, tapi gajinya kecil

Akhirnya kamu mendapatkan pekerjaan, tapi sayang pekerjaan yang kamu dapatkan tak seindah bayangan dulu. Kamu malah mendapat pekerjaan alakadarnya dengan gaji seadanya. Di sini kamu bakal merasa menderita karena kamu baru pertama kali merasakan capeknya bekerja, ditambah gajinya kecil lagi.

Baca juga: 4 Tipe Dosen Berbahaya di Kampus yang Harus Diwaspadai

3. Ingin nikah tapi tidak punya modal

Khusus buat cowok, setelah mendapatkan pekerjaan, mungkin kamu sudah punya rencana untuk nikah. Sayangnya keinginanmu itu belum bisa terwujud karena kebelet biaya yang belum cukup. Sementara itu gaji kamu kecil dan hanya cukup untuk menafkahi diri kamu sendiri. Kamu di sini akan dibebani dengan pikiran biaya.

4. Sudah nikah, ingin punya rumah dan bingung mengurus rumah tangga

Ketika impianmu untuk menikah sudah terwujud, kamu mulai bingung memikirkan bagaimana cara punya rumah sendiri. Pada fase rumah tangga, kamu bakalan mulai pinjam uang sana sini yang akan menambah beban pikiranmu.

Rumah tangga yang kamu jalankan tidak akan seindah pada masa pacaran dulu. Kamu akan dihadapkan dengan perdebatan sengit dengan istri atau suami kamu sendiri.

Dan seterusnya, masalah dan penderitaan akan senantiasa menyambut kamu selama kamu masih hidup di dunia ini. Kunci untuk mengatasi semuanya, tetaplah sabar, tetap berusaha, berpikir jernih dan tenangkan hati.

Loading...