in

Mengenal Tiga Macam Nikmat yang Allah Berikan di Dunia Ini, Uang Hanya Nikmat Kecil

Mengenal 3 Macam Nikmat yang Allah Berikan di Dunia Ini, Uang Hanya Nikmat Kecil

Seberapa sering kita mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita setiap harinya? Mungkin banyak orang lupa mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah yang selalu mengalir setiap detiknya.

Kebanyakan umat Muslim menganggap kalau nikmat itu hanya berupa uang dan barang saja. Saat rezeki yang diterima kecil, banyak yang tidak mensyukurinya seolah-olah menganggap kalau Allah berprilaku tidak adil.

Ingat, nikmat yang diberikan Allah untuk manusia di dunia ini bukan hanya soal materi saja, tapi sangat banyak sekali nikmat yang tak terukur oleh uang dan barang. Hanya saja kita tidak mengetahuinya atau memang melupakannya, padahal semua nikmat tersebut adalah anugrah yang harus selalu disyukuri.

Dilihat dari ukurannya, ada tiga macam nikmat yang Allah berikan kepada manusia. Yang pertama nikmat kecil, nikmat besar, dan yang paling luhur nilainya adalah nikmat agung, yakni iman dan Islam. Berikut penjelasannya lebih rinci.

1. Nikmat Kecil

Mengenal 3 Macam Nikmat yang Allah Berikan di Dunia Ini, Uang Hanya Nikmat Kecil
(Foto: harianmomentum.com)

Satu hal yang paling kita inginkan dan paling dicintai di dunia ini, yaitu uang, termasuk dalam nikmat kecil. Aneh rasanya bila umat Muslim banyak yang menggadaikan akidahnya dan meninggalkan kewajiban beribadah hanya demi uang, hanya demi mendapatkan nikmat kecil, dan rela menukarnya dengan kenikmatan di Surga kelak.

2. Nikat Besar

Mengenal 3 Macam Nikmat yang Allah Berikan di Dunia Ini, Uang Hanya Nikmat Kecil
(Foto: healthstatus.com)

Apakah angin, air, dan panas bukan nikmat besar dari Allah? Bayangkan jika Anda punya banyak uang, tapi di daerah Anda tidak ada air untuk diminum, apakah Anda bisa menikmati uang yang Anda miliki?

Secara tidak sadar kita setiap detik bisa bernapas dengan menghirup udara yang merupakan nikmat dari Allah. Dan semua itu Allah berikan secara gratis dan tidak pernah sekalipun Allah mengirimkan malaikat untuk menagih Anda.

Baca juga: Kisah Percakapan Allah dengan Bayi Sebelum Lahir ke Dunia, Menyentuh!

Lalu sehat yang Anda miliki, bisa melihat, bisa berjalan, bisa merasakan nikmatnya makan, bisa merasakan nikmatnya tidur, apakah itu bukan termasuk nikmat besar? Bayangkan lagi jika Anda punya banyak uang dan punya sebuah mobil mewah, tapi Anda tidak bisa melihat atau tidak bisa berjalan, apakah Anda bisa menikmati barang-barang mewah yang Anda miliki? Jawablah dengan hati Anda.

3. Nikmat Agung

Mengenal 3 Macam Nikmat yang Allah Berikan di Dunia Ini, Uang Hanya Nikmat Kecil
(Foto: infobandung.co.id)

Allah SWT sangat adil, semua manusia baik yang tidak beriman ataupun beriman tetap akan dilimpahkan nikmat kecil berupa sandang pangan papan dan nikmat besar. Akan tetapi ada nikmat yang jauh lebih nikmat lagi dari nikmat kecil dan nikmat besar, yaitu nikmat agung, yang tak lain adalah nikmat iman dan Islam.

Hanya hamba Allah yang benar-benar beriman dan bertauhid yang bisa mendapatkan nikmat agung ini, tak peduli orang tersebut miskin atau tidak sehat, jika benar-benar beriman maka orang itu bisa mendapatkan nikmat yang paling tinggi nilainya di dunia ini dan jauh lebih terasa nikmatnya di hati.

Namun ada nikmat lain yang bisa mengalahkan nikmat agung, yakni nikmatnya surga kelak di akhirat nanti.

Jadi apa alasan Anda tidak bersyukur, Allah selalu mengirimkan nikmatnya kepada kita tanpa henti, dan apalagi yang Anda inginkan?