Tipe-Tipe Mahasiswa Berdasarkan IPK, Kamu yang Mana?

Tipe-Tipe Mahasiswa Berdasarkan IPK, Kamu yang Mana?
Foto: WowMenariknya.com/Original by Pixabay.com

Setiap mahasiswa punya cerita sendiri, ada yang lulus cepat, ada yang biasa-biasa saja, dan bahkan ada yang suka berlama-lama tinggal di kampus karena IPK nya jeblok.

Dilihat dari tingkat kerajinannya juga berbeda-beda, ada mahasiswa yang selalu masuk kuliah meski badai menghadang, ada yang rajin masuk tapi pas di kelas kerjaannya bengong, dan ada pula yang kerjaannya tipsen alias nitip absen ke temen. Ya, wajar saja begitu karena setiap mahasiswa memiliki karakter yang berbeda-beda.

Loading...

Lalu jika kamu anak kuliahan, kamu masuk tipe mahasiswa yang mana jika dilihat berdasarkan IPK? Simak artikelnya di bawah ini. Jangan senyam senyum sendiri yah kalau kesindir!

1. IPK 3,5 sampai 4

Tipe-Tipe Mahasiswa Berdasarkan IPK, Kamu yang Mana?
Foto: pixabay.com

Mahasiswa yang memiliki IPK dari 3,5 sampai 4 (sempurna) adalah tipe mahasiswa yang jenius. Mereka tak pernah absen masuk kuliah, selalu memperhatikan dosen dan aktif di kelas. Kalau berbicara soal tugas, mereka sangat sensitif dan bahkan rela ninggalin apa saja demi mengerjakan tugas, termasuk menunda sholat lima waktu dan mencampakan pacar.

Seminggu sebelum UTS atau UAS, mereka sudah mulai membuka buku untuk menghafal. Kalau diajak main, mereka pasti ngambek dengan alasan mau ujian. Pokoknya mahasiswa tipe seperti ini paling sensitif kalau soal belajar. Dapat nilai B aja belum puas dan ingin dapat nilai A. Mereka menganggap kalau nilai adalah kunci kesuksesan.

2. IPK 3

Tipe-Tipe Mahasiswa Berdasarkan IPK, Kamu yang Mana?
Foto: pixabay.com

Bagi yang memiliki IPK 3 sampai 3,4 bisa dibilang lumayan pintar. Mereka juga rajin dalam belajar tapi tidak terlalu berlebihan. Mereka masih bisa membagi waktu antara belajar dan waktu main. Ketika datang waktu ujian, mereka biasanya mulai membuka buku tiga hari sebelum ujian dimulai. Soal nilai, mereka sudah bersyukur dapar B juga, tapi kalau dapat C mereka tidak akan puas.

Baca juga: 4 Game Paling Disukai Mahasiswa

3. IPK di bawah 3 sampai 2,7

Tipe-Tipe Mahasiswa Berdasarkan IPK, Kamu yang Mana?
Foto: pixabay.com

Mahasiswa yang memiliki IPK dengan angka di bawah 3 sampai 2,7 bisa dibilang mereka adalah mahasiswa transisi yang mencoba menaikan IPK nya agar jadi 3. Mereka bukan pemalas tapi juga bukan orang yang rajin. Tergantung susana hati dan pikiran, jika merasa sedang baik, mereka pasti rajin, tapi jika sebaliknya, mereka pasti malas banget.

Saat di kelas, mereka kadang suka memperhatikan dosen kadang tidak, tergantung dosennya. Saat mau ujian, mereka hanya kuat menghafal selama 30 menit atau satu jam saja, sudah itu kepala mulai puyeng. Dapat nilai C udah lumayan, apalagi dapat nilai B atau A.

4. IPK di bawah 2,7 dan seterusnya

Tipe-Tipe Mahasiswa Berdasarkan IPK, Kamu yang Mana?
Foto: pixabay.com

Nah, mahasiswa yang memiliki IPK di bawah 2,7 atau bahkan di bawah 2 adalah legend di kampus. Dalam soal belajar, mereka paling males banget, dalam setahun saja paling mereka hanya satu kali menyentuh buku pelajaran. Di samping itu mereka memiliki banyak musuh di kampus, yakni dosen yang galak dan pelit nilai.

Mereka jarang masuk kelas bila dosen yang mengajarnya killer atau hanya tipsen saja pada temannya. Kalau pun masuk, paling tidak memperhatikan. Saat waktu ujian, mereka selalu percaya diri bisa mengisi jawaban meski tidak pernah menghafal. Dan ketika mulai mengisi lembar jawaban, paling jawabnnya ngawur atau bahkan nulis soal saja.

Dapat nilai E atau D sudah biasa bagi mereka, tapi ketika dapat nilai C mereka sudah bersyukur banget. Apalagi kalau dapat B atau A, pasti suka dibicarakan ke teman-teman seperjuangannya yang sama-sama legend di kampus. Tak heran jika mereka dapat gelar MA (Mahasiswa Abadi).

Mereka punya prinsip kalau soal kerjaan nanti bukan nilai yang menentukan tapi Tuhan yang menentukan.

Nah, kamu tipe mahasiswa yang mana?

Loading...