in

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Guru berperan penting dalam membangun generasi bangsa yang cerdas karena mereka memiliki tugas untuk mengajar dan mendidik anak-anak di sekolah. Tapi sayangnya dari sekian banyak jumlah guru yang ada, masih sedikit guru yang memiliki ‘jiwa guru’, paling hanya ada satu dari seribu.

Jiwa guru berarti seorang pengajar yang tidak hanya terpaku dengan kewajibannya memberikan materi pelajaran kepada murid, tapi juga menyayangi, menasehati dan mengayomi murid-muridnya agar jadi pribadi orang yang baik. Namun pada kenyataannya, masih banyak guru yang punya prinsip yang penting sudah mengajar, sementara tidak ada keinginan sama sekali untuk mau mengerti perasaan murid-muridnya.

Film inspiratif asal Jepang yang berjudul “Great Teacher Onizuka (GTO)” ini mungkin akan menunjukkan kepada semua orang seperti apa sih guru yang berjiwa guru itu, dan bagaimana seharusnya guru memperlakukan muridnya?

Film drama serial yang dirilis pertama kali pada tahun 2012 ini menceritakan seorang mantan gangster bernama Ekichi Onizuka (Akira) yang diangkat menjadi seorang guru secara khusus oleh direktur SMA Meishu Gakuen di Jepang.

Onizuka diangkat jadi seorang guru karena dia dipandang memiliki jiwa mengajar yang baik meskipun dia tidak pernah lulus kuliah sebelumnya atau mengikuti pendidikan guru. Dia diangkat jadi guru dengan harapan bisa membantu masalah hidup para murid yang diajarnya.

Singkat cerita, Onizuka diangkat jadi asisten guru dan harus mengatasi kelas 2-3 di sekolah itu, dimana para murid kelas ini hampir semuanya memiliki masalah masing-masing yang kebanyakan mereka sangat membenci guru.

Untuk mengetahui secara rinci jalan ceritanya, jelas harus nonton film ini dari episode pertama hingga akhir. Tapi ada pelajaran yang bisa dipetik dari sosok Onizuka sebagai seorang guru, yang barang kali jadi bahan pelajaran buat para guru di Indonesia maupun para calon guru.

1. Membantu murid-murid mengatasi masalah

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Di zaman sekarang, sangat jarang ada guru yang memperhatikan murid di luar kelasnya, apalagi membantunya untuk mengatasi masalah pribadi murid. Tapi Onizuka selalu membantu murid-muridnya yang memiliki masalah, baik itu yang di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Dia akan terjun langsung ke lapangan untuk membantu murid-muridnya sebisa mungkin. Bahkan dalam film ini Onizuka diceritakan bisa mengatasi satu per satu masalah muridnya. Hingga muridnya tadi yang tidak memiliki semangat hidup jadi mendapatkan kembali semangat hidupnya.

2. Membuat sekolah jadi menyenangkan

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Onizuka adalah sosok yang menyenangkan dan mudah akrab dengan seseorang. Awalnya banyak murid yang membencinya, tapi seiring berjalannya waktu satu per satu muridnya mulai menyukai Onizuka. Ya, dia membuat sekolah jadi sesuatu yang menyenangkan hingga membuat para muridnya jadi betah di sekolah.

Baca juga: Video Guru Dan Murid Ngeband Pake Sapu Ini Jadi Viral

3. Tidak membenci muridnya yang nakal

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Kebanyakan guru akan membenci murid yang nakal, tapi Onizuka tidak, dia tahu murid bisa nakal karena ada sesuatu yang membuatnya nakal. Onizuka justru malah mendekati murid-murid yang nakal dan membantu sebisa mungkin untuk mengatasi masalah hidup mereka. Dia akan memberikan perhatian khusus pada murid yang memiliki trouble.

4. Selalu memotivasi muridnya

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Ketika ada muridnya yang putus asa atau kehilangan arah hingga berniat bunuh diri, Onizuka selalu memberikan motivasi kepada mereka. Tak hanya dalam kata-kata saja, tapi juga disertai aksinya. Dia benar-benar membantu para muridnya menemukan jalan hidupnya kembali dan membantu mereka menemukan mimpinya. Onizuka sudah menyelamatkan murid-muridnya yang kehilangan arah hidup.

5. Melindungi muridnya

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Jika ada sesuatu yang berbahaya mengancam murid-muridnya, Onizuka lah yang akan terjun langsung untuk melindungi mereka meski nyawa jadi taruhannya. Dia akan melakukan apa saja demi melindungi murid-muridnya dari bahaya.

6. Menganggap murid adalah temannya

GTO, Film Inspiratif yang Wajib Ditonton Para Guru di Indonesia

Kebanyakan guru sekarang enggan menganggap murid adalah temannya, apalagi anaknya. Sebenarnya apa yang salah bila seorang guru dekat dengan muridnya layaknya orang tua dan anaknya?

Onizuka mematahkan anggapan itu dan menganggap semua muridnya bukan sekedar pelajar, tapi adalah temannya juga. Menurutnya, seorang teman harus saling mendukung dan saling membantu. Dia percaya kedekatannya dengan muridnya bisa menjalin hubungan seorang guru dan murid yang kuat layaknya ibu dan anak.

Itulah beberapa hal yang bisa dipelajari dari sosok Onizuka sebagai seorang guru. Intinya Onizuka menunjukkan karakter guru yang sebenarnya, dimana guru tak hanya bertugas membuat pintar para muridnya, tapi juga berusaha menyelamatkan mereka.

Buat para guru atau yang bercita-cita jadi guru, wajib deh nonton film ini dari awal hingga akhir. Biar tahu bagaimana cara jadi guru yang berjiwa guru, bukan guru yang sebatas memberikan materi pelajaran.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%