6 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Sedang Stres Berat
in

6 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Sedang Stres Berat

Setiap orang pasti pernah mendapatkan masalah. Jika dibiarkan berlarut terlalu lama dalam hati dan pikiran, akibatnya orang tersebut akan mengalami stres. Jika tubuh sedang stres, akibatnya bisa berdampak pada kesehatan dan juga aktivitas sehari-hari.

Orang yang mengalami stres ringan cenderung tidak menunjukkan perubahan pada kesehatan tubuhnya maupun aktivitasnya. Tapi bagi yang mengalami stres berat dalam jangka waktu lama, akibatnya benar-benar sangat buruk. Bahkan lebih buruknya lagi kebanyakan orang tak sadar kalau dirinya sedang stres berat.

Jika dibiarkan, nanti bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan tidak akan mendapatkan gairah hidup bahagia. Oleh sebab itu sangat penting bagi kamu untuk mengenali tanda-tanda tubuh sedang stres berat. Untuk menghilangkan stres, tergantung kamu sendiri.

1. Perubahan berat badan

Beberapa pakar kesehatan menyebutkan kalau stres bisa menyebabkan berat badan bertambah, tapi yang paling umum dialami adalah penurunan berat badan.

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan berat badan menurun drastis meski tidak melakukan diet. Hal itu disebabkan karena peningkatan adrenalin dalam darah sehingga mempercepat proses metabolisme dan memperlambat ekskresi lemak.

2. Sulit fokus

Orang yang sedang stres berat pasti bakalan susah fokus saat melakukan suatu pekerjaan. Hal ini disebabkan karena saraf tegang yang ditimbulkan dari kecemasan yang berlebihan. Untuk mengatasinya, coba istirahatkan dulu tubuh sejenak.

3. Rambut rontok

Menurut penelitian, stres benar-benar bisa merontokan rambut, bahkan sampai botak. Jika rambut kamu sering rontok meski sudah melakukan perawatan rambut yang selayaknya, kemungkinan besar kamu sedang stres.

4. Sakit kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti tidur tidak teratur, kurang makan, tekanan darah rendah dan masih banyak lagi. Tapi kadang sakit kepala bisa disebabkan karena tekanan emosional yang kamu alami. Meminum obat hanya akan meredakan sakit kepala untuk sementara waktu, dan nanti akan kambuh lagi. Untuk mengatasinya kamu harus berhenti memikirkan sesuatu yang membebani kamu.

5. Libido rendah

Seseorang yang memiliki tekanan emosional cenderung memiliki tingkat libido yang rendah. Akibatnya orang tersebut tidak akan memiliki hasrat untuk melakukan hubungan seks dengan istri/suaminya.

6. Masalah tidur

Jika kamu mengalami stres berat dalam waktu lama, kemungkinan besar kamu akan mengalami sulit tidur alias insomnia. Kondisi ini sangat mengganggu karena bisa mempengaruhi aktivitas kamu sehari-hari. Jika kurang tidur, otomatis kualitas hidup kamu akan rendah.

Loading...