in

5 Fakta Tentang Facebook yang Meresahkan

5 Fakta Tentang Facebook yang Meresahkan
Foto: bebee.com

Facebook merupakan jejaring sosial terbesar di muka bumi ini. Ya, hampir semua orang memiliki akun Facebook-nya masing-masing.

Dengan jumlah penggunanya yang sudah tak terhitung lagi, tidak jelas berapa banyak data yang dihimpun Facebook dari para penggunanya. Yang jelas perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini memiliki informasi yang cukup memadai tentang penggunanya.

Loading...

Dalam kata lain, Facebook tahu banyak hal tentang kamu. Namun yang jadi pertanyaan apakah Facebook menggunakan data tersebut dengan benar atau tidak. Untuk mengetahuinya, simak beberapa fakta tentang Facebook berikut ini yang meresahkan.

Baca juga: 4 Tipe Pengguna Facebook Menurut Penelitian Baru, Kamu Yang Mana?

1. Pengenalan Wajah

5 Fakta Tentang Facebook yang Meresahkan
scmp.com

Ketika teman menandai kamu dalam foto yang diunggah ke Facebook, maka foto tersebut akan masuk ke tumpukan gunung data milik Facebook. Jejaring sosial ini memiliki bot yang disebut Al, yang berfungsi melakukan pola yang sesuai dengan wajah kamu.

Alogaritma Facebook diklaim memiliki keakuratan tinggi yang mencapai 98%. Dalam setiap foto yang diunggah, jejaring sosial ini semakin akurat saja dalam pola pencocokan wajah. Berharap saja semoga Facebook tidak menjual wajah kita ke orang yang punya niat jahat.

2. Facebook Selalu Tahu Di Mana Kamu Berada

5 Fakta Tentang Facebook yang Meresahkan
Foto: bestmobilephonespy.com

Aplikasi Facebook Messenger memungkinkan Facebook untuk selalu mengetahui di mana kamu berada, tentunya setiap waktu. Meskipun ada pengaturan untuk mematikan fitur lokasi di aplikasi ini, tapi Facebook tetap memantau kamu.

Mereka bisa dengan mudah menemukanmu hanya dengan melihat peta digital yang sudah terhubung langsung dengan aplikasi Facebook Messenger.

3. Facebook Membuat Orang Kesepian Semakin Kesepian Lagi

5 Fakta Tentang Facebook yang Meresahkan
Foto: marketwatch.com

Psikiater dari New York University, Dr. Sudeepta Varma, menjelaskan bahwa Facebook membuat seseorang tahu apa yang sedang dilakukan orang lain, tetapi di samping itu Facebook juga membuat orang semakin kesepian.

Yang mengejutkan dalam penelitian ini, menyebutkan bahwa penggunaan Facebook selama dua minggu saja dapat menurunkan tingkat kebahagian subyektif.

4. Facebook Lebih Tahu Banyak Tentang Kamu Dibandingkan Kamu Sendiri

5 Fakta Tentang Facebook yang Meresahkan
Foto: gizmodo.com

Fitur News Feed di Facebook memungkinkan pengguna untuk terlibat selama mungkin. Selama waktu itu, Facebook akan menghimpun kepribadian Anda dari konten apa yang Anda sukai. Data ini nantinya akan digunakan Facebook untuk manargetkan iklan agar sesuai dengan minat para penggunannya. Jadi jangan heran kalau Facebook tahu apa yang sedang kamu cari.

5. Facebook Menjual Data Pengguna

5 Fakta Tentang Facebook yang Meresahkan
Foto: brightplanet.com

Facebook menjamin keamanan dan kerahasiaan data penggunanya. Tapi itu tidak menyangkal kalau Facebook sewaktu-waktu bisa menjualnya untuk kepentingan perusahaan. Seperti kasus Mastercard membeli data Facebook tentang rincian kebiasaan para penggunanya untuk mendongkrak penjualan online.

Nah, itulah beberapa fakta tentang Facebook yang perlu dikhawatirkan. Mulai sekarang sebaiknya gunakan media sosial secara bijak.

Loading...