in

4 Tipe Dosen Berbahaya di Kampus yang Harus Diwaspadai

4 Tipe Dosen Berbahaya di Kampus
Original by Pixabay

Masalah yang paling sering dialami mahasiswa di perguruan tinggi adalah telat lulus alias ada mata kuliah yang belum tuntas sehingga belum bisa nyusun skripsi. Selain karena malas belajar, penyebab lain banyak mahasiswa telat lulus karena dosennya.

Anak kuliahan pasti tahu kalau dosen itu memiliki sifat yang berbeda-beda. Dosen tidak seperti guru SMA yang masih ada rasa perhatian sama muridnya, tapi dosen rata-rata memiliki sikap yang acuh kepada para mahasiswanya.

Loading...

Nah, di setiap kampus ada beberapa tipe dosen ‘berbahaya’ yang membuat para mahasiswa menyandang gelar MA (mahasiswa abadi). Buat anak kulihan, waspadalah sama dosen seperti ini.

1. Killer

4 Tipe Dosen Berbahaya di Kampus
Original by Pixabay

Istilah dosen killer sudah tak asing lagi di telinga anak kampus. Julukan killer diberikan kepada dosen yang memiliki sifat galak, susah memberi nilai bagus, dan cara ngajarnya yang kadang sulit dipahami oleh mahasiswa. Paling dari 40 mahasiswa, biasanya dosen killer hanya meluluskan 5 sampai 10 mahasiswa saja. Sementara sisanya harus ngulang lagi tahun depan.

Baca juga: Di Universitas Ini, Hanya Wanita Cantik Yang Bisa Jadi Dosen

2. Diam tapi menusuk

4 Tipe Dosen Berbahaya di Kampus
Original by Pixabay

Dosen lain yang harus diwaspadai adalah dosen yang acuh. Dosen seperti ini tidak akan marah ketika kamu tidak memperhatikan pelajaran, dia juga tidak akan marah jika kamu jarang masuk atau jarang ngumpulin tugas.

Di mata mahasiswa, dosen seperti ini terlihat baik, tapi lihat nanti pas ngasih nilainya. Jika kamu tidak bisa mendapatkan nilai bagus di UTS maupun UAS, siap-siap dapat nilai E. Dosen seperti ini diam-diam tapi menusuk dari belakang.

3. Rumit

4 Tipe Dosen Berbahaya di Kampus
Original by Pixabay

Ada dosen yang suka menerangkan mata kuliah dengan gaya berbicara yang rumit sehingga sulit dipahami para mahasiswa dengan otak pas-pasan. Biasanya dosen seperti ini kalau menerangkan matkul hanya membaca slide Power Point saja dengan intonasi suara yang tidak enak di dengar.

Akibatnya banyak mahasiswa yang tidak mengerti dan tidak bisa mengerjakan soal ujian. Jika tidak pelit nilai ok ok saja, tapi parahnya kalau pelit nilai. Habis sudah kamu!

4. Egois

4 Tipe Dosen Berbahaya di Kampus
Original by Pixabay

Hati-hati, beberapa dosen ada yang memiliki sikap egois karena merasa punya gelar banyak di belakang namanya. Dosen seperti ini akan selalu merasa benar dan tidak akan mau menerima masukan dari mahasiswanya. Dia akan menerangkan sesuka hatinya tak peduli mahasiswanya mau ngerti atau tidak. Tak heran jika banyak mahasiswa yang nilainya hancur lebur.

Itulah beberapa tipe dosen yang bisa membuat para mahasiswa betah kuliah lama-lama. Biasanya di setiap kampus selalu ada dosen seperti itu, tapi tidak semuanya begitu, masih banyak dosen-dosen baik hati yang memiliki jiwa pengajar.

Loading...