in

Penting, Ini Dia Cara Menggunakan Masker Mulut Yang Benar

Ilustrasi (foto : whatispopularinjapanrightnow.com)

Masker mulut yang biasanya digunakan di tempat medis ternyata kini bisa ditemukan di mana saja. Masker mulut yang terbuat dari kertas kasa ini biasa digunakan ketika seseorang menderita penyakit saluran pernapasan seperti flu. Masker ini juga biasa digunakan ketika berkendara atau dalam kegiatan sehari-hari guna terhindar dari polusi.

Fungsi dari masker sendiri adalah mencegah mikroorganisme masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung dan mencegah penyebaran virus. Tapi ternyata diantara para pengguna masker, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana penggunaan masker yang baik dan benar.

Ada perbedaan cara penggunaan masker bagi orang sehat dan orang sakit. Masker memiliki dua sisi, sisi yang pertama biasanya berwarna (hijau, biru, dll) dan yang lain berwarna putih. Pengguna masker biasanya mengabaikan kedua sisi ini dan menganggapnya sama saja.

Warna kedua sisi ini bukan hanya sebagai hiasan, tapi ternyata setiap warna memiliki maksud masing-masing. Bagi seorang yang sedang sakit, bagian masker yang berwarna harus menghadap ke luar. Tujuannya adalah untuk menyaring mikrorganisme agar tidak menyebar ke udara luar.

Cara menggunakan masker bagi orang sehat adalah bagian yang putih seharusnya menghadap ke luar. Tujuannya adalah untuk menyaring mikroorganisme atau polusi agar tidak terhirup oleh hidung. 

Masker mulut juga hanya boleh digunakan satu kali, karena mikroorganisme akan menumpuk dalam masker yang telah digunakan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...