Begini Jadinya Jika Semua Artikel Wikipedia Dicetak

Penampakan artikel Wikipedia yang sudah dibukukan (foto Daily Mail)

Pernah terbayang bagaimana jadinya jika semua artikel online yang ada di Wikipedia dicetak? Mungkin ini akan membutuhkan ruangan besar untuk menyimpan seluruh buku yang sudah dicetak.

Seorang seniman asal New York bernama Michael Mandiberg membuat sebuah proyek yang bertujuan secara fisik untuk mencetak semua artikel online di Wikipedia yang memiliki kapasitas sebesar satu petabyte (PB) atau satu juta gigabyte (GB).

Loading...

Jika diperhitungkan lagi, 1 GB itu bisa menyimpan sekitar seribu buku informasi. Berarti dalam database Wikipedia terdapat satu miliar buku informasi yang harus dicetak.

(foto: Daily Mail)

“Buku yang benar-benar berguna untuk mengukur pengetahuan,” kata Mandiberg kepada CBS News.

Dia juga mengatakan bahwa butuh waktu lama bagi manusia untuk membaca seluruh buku walau hanya 1 GB atau 50 GB.

“Tapi kami memiliki pemahaman yang jelas tentang berapa lama itu akan membawa kita untuk membacanya,” tambah Mandiberg.

Hitungan akhir buku yang sudah dicetak oleh Mandiberg yaitu sebanyak 7.473 buku. Dia mencetak 106 buku untuk instalasinya dan memamerkan sisanya yang disimpan di rak di sebuah ruangan khusus.

(foto: Daily Mail)

Mandiberg berharap instalasinya yang disimpan di Denny Gallery, di Lower East Side, Manhattan, akan membawakan orang-orang beberapa perspektif.

Lantas bagaimana dia mengubah semua artikel online di Wikipedia kedalam bentuk buku?

Seperti dilansir Daily Mail, dia membuat sebuah software berukuran 50 GB yang akan mengunduh setiap artikel di Wikipedia ke dalam databasenya. Jika sudah penuh, dia akan membuat software serupa dan kemudian mengunduh lagi.

Percaya atau tidak, total artikel Wikipedia yang sudah diunduh Mandiberg yaitu sebanyak 11.594.743 artikel. Setidaknya butuh waktu 25 hari untuk mengunduh semua artikel sebanyak itu.

Loading...