6 Keuntungan Bersikap Spontan

Spontan merupakan suatu reaksi yang tanpa melalui proses berpikir panjang. Contohnya saja ketika ada yang memeberi kita surprise secara tidak langsung, kita langsung mengucapkan terimakasih. Orang lain juga beranggapan bahwa kita tulus melakukan reaksi tersebut.

Menurut Rima Olivia psikolog dari Ahmad Consulting, “Reaksi  spontan juga tetap melalui proses berpikir, tapi dengan waktu yang lebih singkat. Jika kita memberikan respon sekitar 2 detik itu disebut spontan, Bahkan kurang dari 2 detik kita sudah langsung merespon.”

Loading...

Lantas seperti apa orang yang memiliki sikap spontan itu dan apa keuntungannya? Berikut beberapa keuntungan memiliki sikap sponta.

1. Apa adanya

Orang yang spontan tidak selalu mengada-ada atau berpura-pura dan berpikir lama. Mereka juga bisa dikatakan jujur, dan selalu menjadi diri sendiri.

2. Hidup jadi lebih menyenangkan

Orang yang spontan merasa lebih senang dalam menjalani padatnya jadwal aktivitas harian. Orang spontan itu tidak membawa hal yang ribet jadi ribet, semuanya dibuat mudah, jadi jarang terserang stres.

3. Bisa mencoba hal-hal baru

Sikap ini memlih kita berpikir kreatif dan mencoba sesuatu yang baru. Sehingga mereka pun akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru.

4. Mencairkan suasana

Orang spontan selalu mengatakan hal-hal yang bersifat humor yang segar dan membuat suasana menjadi lebih seru. Orang lain pun akan merasa nyaman berada dekat orang yang memiliki sikap spontan. Selain bisa mencairkan suasana, dalam hal pertemanan, orang spontan lebih cepat dekat dengan orang baru.

5. Mengatasi Rasa Malu

Jarang sekali, orang spontan itu pemalu. Spontan itu justru membantu kita mengatasi rasa malu. Mereka cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi baik dalam hal berpenampilan atau berbicara di depan orang banyak.

Loading...