in

5 Pertanyaan Lucu Orang Non-Muslim Kepada Orang Yang Berpuasa

Buka puasa (foto: alarabiya.net)

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh adalah kewajiban setiap umat muslim. Namun ada kalanya saat menjalankan ibadah puasa, ada beberapa pertanyaan atau pernyataan dari orang non-muslim yang menggelitik dan terkadang menggoda orang yang berpuasa.

Seperti dikutip independent.com oleh vemale.com, ada beberapa pertanyaan yang sering dikatakan orang non-muslim kepada orang muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan. Pertanyaan-pertanyaan ini memang lucu, tapi tidak terlalu baik dikatakan.

5. Jadi kamu tidak makan atau minum apa pun selama 30 hari?

Tidak benar jika umat muslim tidak makan dan minum sama sekali selama Ramadhan. Siapa pun yang melakukan itu pasti sudah mati.

Namun masih saja ada yang salah sangka dan mengira umat muslim tidak makan sama sekali selama sebulan penuh. Alhasil, beberapa teman non-muslim mungkin melontarkan pertanyaan ini. Padahal umat muslim bisa makan saat waktu berbuka puasa tiba sampai waktu imsak datang.

4. Yakin, gak papa aku makan di depan mu?

Tentu saja, silahkan makan di depan orang yang berpuasa. Salah satu prinsip puasa adalah mengendalikan hawa nafsu dan disiplin diri. Jadi, tidak ada yang salah dengan itu.

Jika ada yang makan di depan Anda saat sedang puasa, maka itu bisa dianggap cobaan. Apakah Anda bisa menahan hawa nafsu atau tidak? Namun kebanyakan orang enggan makan di depan orang yang berpuasa untuk menghormati mereka.

3. Kenapa kamu harus tidak makan dan minum? Itu tidak baik untuk tubuh

Seringkali orang non-muslim melihat puasa sebagai hal negatif karena tubuh tidak mendapat asupan makanan selama sekian jam setiap harinya. Mengapa harus melakukan itu? Itu menyusahkan diri sendiri dan lain sebagainya.

Memang ada kalanya mengalami kesulitan saat menjalankan puasa. Namun, bulan Ramadhan adalah bulan spesial dan umat muslim banyak belajar dari berpuasa, seperti misalnya mensyukuri apa yang ia miliki, belajar mengendalikan diri dan hawa nafsu, belajar disiplin, dan merasakan bagaimana penderitaan orang-orang yang kelaparan. Meskipun tidak makan selama beberapa jam, berpuasa itu justru baik untuk kesehatan.

2. Wah, cara yang bagus untuk diet ya

Banyak anggapan berpuasa itu adalah waktu yang baik untuk diet, tapi tidak seperti itu, tujuan utama puasa adalah untuk beribadah.

Tak hanya menurunkan berat badan saja, puasa juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh, misalnya saja meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sensitivitas insulin, dan masih banyak lagi.

1. Kamu pasti lapar. Makan saja, tidak ada yang tahu kok

Pernyataan yang satu ini memang terdengar keterlaluan, tapi ini cukup wajar dikatakan mereka yang non-muslim karena tidak pernah berpuasa di bulan Ramadhan.

Bukan hanya menghindari makan dan minum, tapi hawa nafsu juga harus dikendalikan. Belajar menjaga hati dan emosi dalam keadaan seperti itu adalah tantangan yang sangat besar. Ya, makan saat waktu buka tiba memang tidak akan ada yang tahu, tapi ingat Allah SWT memperhatikan kita.

Lagipula puasa ini hanya sebulan dan akan ada perayaan besar di ujung Ramadhan yang bernama Idul Fitri, di mana seringkali lebih meriah dari perayaan lainnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Loading...