in

Ternyata, Tidur Setelah Sahur Sangat Berbahaya

Ilustrasi tidur setelah sahur (foto: PSU)

Banyak orang yang lebih memilih untuk tidur lagi setelah sahur karena masih merasa ngantuk. Memang tidak dilarang, tapi ada penjelasan medisnya kenapa tidur setelah sahur itu sangat berbahaya.

Menurut Klikdokter.com, sistem pencernaan membutuhkan beberapa waktu untuk mencerna dan menyerap nutrisi yang ada di dalam makanan dengan baik.

Jadi, sangatlah berbahaya ketika makanan yang kita makan belum tercerna, tetapi dilanjutkan dengan tidur. Sistem pencernaan akan melambat saat kita tidur dan akan menyebabkan beberapa masalah seperti berikut ini.

1. Nyeri Ulu Hati

Tidur terlentang bisa membuat sistem pencernaan kita sulit untuk bekerja dan meningkatkan asam lambung. Dari situ, bisa saja muncul nyeri panas di daerah ulu hati. Rasa panas tersebut kemudian menyebar ke dada dan tenggorokan sehingga dapat memicu penyakit GERD dan maag.

2. Refulks

GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) itu sendiri merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkong. Hal in dapat menyebabkan asam lambung naik ke dalam tenggorokan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada.

Jadi, tidur setelah sahur dapat memicu beberapa penyakit, seperti refluks, konstipasi hingga kembung. Oleh sebab itu Anda jangan tidur sehabis sahur, berilah rentan waktu antara satu sampai dua jam untuk tidur lagi. Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk beribadah atau berolahraga.

Beberapa makanan ada yang mudah dicerna, seperti nasi atau kentang, dan ada juga beberapa makanan yang sulit untuk dicerna seperti daging dan gorengan. Oleh karena itu, makanan yang dikonsumsi saat sahur harus yang mudah dicerna.

Sumber: Tribun Jabar

Loading...