in

Terkuak, Misteri Hilangnya Air Danau Es di Greenland

Danau es di Greenland (foto: Laura A. Stevens)

Ilmuwan baru-baru ini telah memecahkan misteri bagaimana beberapa danau besar di Greenland bisa menguras miliaran galon air dalam hitungan jam.

Pada tahun 2006, 12 miliar galon air danau glasial utara di Greenland yang memiliki luas 2,2 mil persegi atau 5,6 km persegi tiba-tiba kering dalam waktu kurang dari dua jam.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dua tahun lalu, para peneliti menetapkan bahwa fenomena ini disebabkan oleh hidro-fractures atau patahan dalam sekala besar yang terbentuk di dasar danau yang membuat air danau di permukaan tersedot ke bawah.

Namun, penyebab retakan itu tidak diketahui, sampai sebuah penelitian baru menemukan apa yang menyebabkan retakan di bawah danau es tersebut.

Seperti dilansir Mother Nature Network, Kamis (4/6/2015), dalam studi baru yang diterbitkan pada tanggal 3 Juni di jurnal Nature, para ilmuwan menggunakan teknologi GPS untuk menemukan penyebab retakan. Mereka menemukan retakan tersebut disebabkan oleh pergerakan lapisan es. Pergerakan lapisan es itu sendiri disebabkan oleh tetesan air.

Penelitian baru itu diharapkan dapat membantu para ilmuwan lebih memahami lagi berapa banyak lapisan es yang berkontribusi menaikan permukaan air laut.

Jadi, sebagian besar danau-danau es di Greenland menguras banyak air jika terdapat rute air dangkal yang mengalirkannya ke tempat lain.

Namun, menurut citra satelit menunjukkan bahwa sekitar 13 persen dari total air danau mengalir dengan cepat, mengosongkan keseluruhannya dalam waktu 24 jam.

“Gambar-gambar ini akan menunjukkan danau pada suatu hari, dan hilang pada hari berikutnya,” kata penulis pertama dalam studi baru ini, Laura Stevens, seorang kandidat glasiologi dengan Massachusetts Institute of Technology/Woods Hole Oceanographic Institution (MIT-WHOI) Joint Program.

“Jadi kita sudah tahu untuk 10 sampai 15 tahun mendatang, air bisa hilang dengan cepat,” tambah Laura.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%