in

Miris, 420 Batu Diangkat Dari Ginjal Pria Tiongkok Ini

Batu ginjal yang sudah diangkat (foto: Shanghaiist)

Dokter dari Rumah Sakit Masyarakat Dongyang di provinsi Zhejiang, Tiongkok, telah mengangkat 420 batu dari gijal bagian kiri seorang pria pada Jumat lalu.

Pasien yang tak disebutkna namanya itu mengunjungi dokter bulan lalu dengan keluhan menderita sakit perut yang intens.

Ketika dua dokter melakukan scan CT terhadapnya, dokter dikejutkan dengan menemukan ginjal bagian kiri pria tersebut dipenuhi dengan batu berukuran kecil.

“Aku belum pernah melihat begitu banyak batu ginjal,” kata seorang dokter yang memiliki pengalaman delapan tahun dalam dunia medis, seperti dilansir Shanghaiist.

“Ginjal tidak akan berfungsi dengan baik jika telah menunggu lebih lama lagi. Seluruh ginjal harus dihapus,” tambah dokter tersebut.

Pria itu menjelaskan bahwa 20 tahun lalu, ia pernah melakukan pengangkatan 10 batu ginjal melalui prosedur lithotripsy, prosedur medis yang menghancurkan batu ginjal.

Kali ini, para dokter menggunakan tang untuk mengangkat satu per satu batu ginjal pada pria tersebut. Menurut seorang dokter, operasi pengangkatan batu ginjal itu setidaknya memakan waktu dua jam.

“Operasi itu hampir memakan waktu dua jam. Kami menghabiskan 45 menit hanya untuk mengambil batu-batu kecil, Setelah operasi, tangan dan kaki saya berdua seperti mati rasa,” tutur salah satu dokter kepada wartawan.

Diyakini penyebab utama utama batu ginjal pada pria ini dikarenakan dia suka memakan tahu gipsum setiap harinya. Tahu gipsum itu sendiri merupakan makanan lokal yang paling populer dengan kosentrasi tinggi tingkat kalsium sulfat. Dia juga memiliki kebiasaan buruk jarang meminum air.

Meskipun pria 55 tahun itu sekarang sudah pulih pasca operasi, tetapi ginjal kirinya jadi semakin melemah. Dia bahkan membawa batu ginjal yang sudah dikeluarkan dokter dalam sebuah kantung plastik untuk dijadikan suvenir.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%