in

Ini Cara Mudah Cegah Batu Ginjal

Minum banyak air merupakan pilihan terbaik untuk mencegah batu ginjal (foto: imgsoup.com)

Batu ginjal pada dasarnya terdiri dari mineral dan garam asam. Banyak orang yang menderita batu ginjal berukuran kecil mengalami beberapa nyeri pada bagian tubuhnya, sementara orang yang batu ginjalnya sudah sangat parah mengklaim memiliki nyeri yang amat hebat.

Gejala batu ginjal paling menonjol biasanya ditunjukan dengan rasa sakit pada bagian bawah punggung, air kencing yang disertai darah, nyeri saat buat air kecil, sakit perut dan muntah-muntah. Biasanya, orang yang pernah mengalami batu ginjal kemungkinan besar penyakit ini akan muncul lagi.

Makanan dan asupan air sangat berpengaruh besar dalam pembentukan batu ginjal. Orang yang bekerja di luar dengan terus menerus menerima paparan sinar matahari cenderung memiliki risiko tinggi terkena batu ginjal.

Loading...

Agar Anda tidak terkena penyakit batu ginjal, sebaiknya Anda lakukan beberapa cara mudah ini untuk mencegah batu ginjal. Seperti dilansir Boldsky, berikut ulasannya.

5. Banyak minum air

Hal yang paling utama yang harus Anda lakukan untuk mencegah batu ginjal adalah pastikan tubuh Anda memiliki asupan air yang cukup. Mengambil delapan gelas air putih setiap hari atau lebih merupakan pilihan terbaik untuk terhindar dari batu ginjal.

Dengan banyak meminum air, itu akan meningkatkan pembentukan urin dan kemungkinan besar mengurangi terbentuknya batu ginjal.

4. Makan buah-buahan yang kaya akan air

Air sangat berperan penting dalam mencegah batu ginjal. Selain dengan meminum air putih, Anda juga bisa menggunakan alternatif lainnya dengan memakan buah-buahan yang mengandung banyak air.

Misalnya saja buah semangka yang dianggap sebagai salah satu buah dengan kadar air paling tinggi di antara buah-buahan lainnya.

3. Minuman sehat

Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh hitam. Minuman seperti itu bisa meningkatkan dehidrasi, dan pada akhirnya meningkatkan risiko batu ginjal. Minum air lemon adalah pilihan terbaik untuk mencegah batu ginjal karena dipercaya bisa membentuk urin alkali.

2. Hindari makanan yang mengandung asam oksalat

Menghindari makanan yang mengandung asam oksalat, seperti cokelat, teh hitam, blueberry, buah ara dan kacang, merupakan hal penting yang harus dilakukan agar risiko terkena batu ginjal menipis.

1. Periksa sejak dini

Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa tidak nyaman pada bagian perut, seperti sakit perut yang tidak normal, sakit saat buang air kecil, atau muntah-muntah. Jika diperiksa sejak dini, kemungkinan besar batu ginjal yang belum tumbuh besar akan segera terobati.