in

Ikan Ini Bisa ‘Berjalan’ Dan Bertahan Hidup Selama Enam Hari Tanpa Air

Anabas testudineus (foto: YouTube)

Sepesies ikan yang satu ini berbeda dengan ikan pada umumnya yang tidak bisa bertahan tanpa air dalam waktu lama. Namun, ikan ini mampu bertahan selama beberapa hari meski tanpa air, dan lebih mencengangkannya lagi ikan ini bisa ‘berjalan’.

Ikan dengan nama latin Anabas testudineus atau disebut juga pemanjat bertengger itu merupakan spesies ikan air tawar invasif dan agresif yang bisa berhibernasi dalam lumpur sungai kering selama enam bulan lamanya.

Para ilmuwan memperigatkan bahwa ikan tersebut sedang menuju Australia dari Papua Nugini. Mereka percaya ikan tersebut sedang melakukan perjalanan menuju Australia dan mungkin ikut numpang pada perahu nelayan.

Ikan jenis ini juga bisa menimbulkan ancaman bagi burung lokal dan kehidupan laut lainnya. Ikan bertengger ini bisa mengalahkan hewan-hewan yang lebih besar dengan cara membengkakan diri saat ditelan predator. Saat itulah tenggorokan predatornya akan tersedak sampai mati.

Seperti dilansir National Post, ikan yang dapat bertahan hingga enam hari tanpa air ini ditemukan di dua pulau kecil di Australia pada akhir tahun 2005, sekitar tiga sampai empat mil dari Papua Nugini.

Ilmuwan meminta bantuan masyarakat setempat di beberapa pulau untuk mencegah ikan tersebut maju lebih jauh. Hal itu dilakukan karena dikhawatirkan ikan ini akan membuat masalah nantinya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%