in

Ibu, Ini Tips Mengajari Si Kecil Berpuasa

Belajar puasa di bulan Ramadhan harus diterapkan sejak dini agar di kemudian hari nanti si kecil sudah terbiasa menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini. Tapi tetap ada batasan yang harus diterapkan kalau seandainya anak sudah ingin belajar puasa.

Sebagai ornag tua, sudah seharusnya membimbing anak bagaimana cara berpuasa yang baik dan benar itu. Nah, berikut Wow Menariknya bagikan tips kepada para ibu untuk mengajari buah hati berpuasa di bulan Ramadhan.

5. Tanya dulu: Pertama-tama, Anda tanya dulu anak Anda apakah sudah ingin belajar puasa atau belum. Jika seandainya mau, jelaskan oleh Anda dasar-dasar puasa di bulan Ramadhan sedetail mungkin. Kalau seandainya anak belum mau belajar, jangan paksa dia tapi bujuklah dengan baik dan berilah imbalan agar si kecil mau berpuasa. Jika tetap masih tidak mau, Anda jangan memaksakannya tapi tetap harus memperkenalkan dasar-dasar tentang puasa Ramadhan.

4. Lakukan secara bertahap: Anda jangan pernah sesekali memaksakan anak Anda untuk menahan lapar dari fajar hingga terbenam matahari. Katakan padanya bahwa dia boleh makan dan minum kapan saja jika seandainya sudah tak kuat lagi dan jangan pernah memaksakan diri karena buruk bagi kesehatan.

Pertama mungkin anak bisa sampai jam 10 pagi, selanjutnya anak akan mulai terbiasa dan mungkin kuat sampai jam 12 siang. Lama kelamaan, nanti anak Anda mulai terbiasa dan mungkin bisa sampai adzan Maghrib.

3. Memberi hadiah: Anak memang suka dengan hadiah. Agar si kecil bersemangat dalam menjalankan puasa, berilah hadiah berupa barang yang disukainya. Baik anak Anda batal di tengah hari atau tidak, tetaplah Anda berikan sebuah hadiah yang bisa menggembirakan hatinya.

2. Ajak bermain: Mengajak bermain anak saat berpuasa merupakan pilihan terbaik. Tapi jangan bermain mainan yang berat-berat, cukup dengan mengajaknya jalan-jalan pakai mobil atau motor. Hal itu diharapkan bisa melupakan sedikit rasa lapar yang biasa dialami anak yang baru belajar puasa.

1. Sajikan hidangan sehat saat sahur: Menjaga tubuh tetap sehat selama berpuasa sangat penting. Oleh karena itu Anda harus menyiapkan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral lainnya saat sahur. Dengan begitu diharapkan si kecil tetap terjaga kesehatan tubuhnya selama berlajar puasa.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mendidik sang buah hati belajar berpuasa di bulan Ramadhan sejak dini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%