in

4 Hal Merugikan Ketika Buka Bersama

Ilustrasi bukber (foto:  adhityafernando.com)

Bukber atau buka bersama pasti sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Bukber biasanya dilakukan sekelompok orang untuk berbuka puasa bersama-sama di suatu tempat tertentu.

Tak heran, selama puasa banyak orang yang lebih memilih bukber daripada buka puasa di rumah karena lebih mengasyikan dan lebih terasa kehangatan bulan Ramadhan nya.

Tapi tahukah Anda bahwa bukber juga ada beberapa kerugiannya? Dikutip Wow Menariknya dari Dream.co.id, berikut kerugian-kerugian kalau melakukan bukber atau buka bersama.

4. Meninggalkan salat

Acara buka bersama biasanya diadakan di restoran atau food court yang ada di pusat perbelanjaan. Tidak jarang kita terlanjur keasikan makan sambil mengobrol sehingga kita melupakan salat maghrib, bahkan salat isya sampai solat tarawih. Sehingga apa artinya kita berpuasa jika kita meninggalkan salat.

Padahal kita mengetahui sendiri bahwa salat itu merupakan pondasi agama. Tanpa salat, maka semua amal ibadah lainnya juga tak ada artinya.

3. Boros

Mendapat banyak ajakan bukber otomatis membuat pengeluaran kita menjadi lebih banyak. Bila biasanya kita berbuka di rumah tidak harus mengeluarkan uang sepeserpun untuk menikmati sajian berbuka, beda lagi jika kita buka bersama. Tentunya, kita harus membayar satu menu makanan dengan uang pribadi kita sehingga jatah uang untuk kita simpan tidak ada.

2. Berkurangnya kebersamaan bersama keluarga

Moment Ramdhan biasanya moment yang paling ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang karena di bulan suci ini kebersamaan bersama keluarga akan lebih terasa terutama ketika berbuka bareng keluarga. Namun hal ini tidak akan dirasakan oleh seseorang yang memiliki jadwal penuh untuk buka bersama dengan teman di luar rumah.

1. Siap-siap reuni mantan

Ketika buka bersama, tak jarang kita bertemu dengan mantan, dari mulai mantan pacar, mantan gebetan, mantan teman dan jenis-jenis mantan lainnya. Ketemu dengan mantan yang pernah menjadi orang spesial di hati biasanya membuat kita jadi awkward atau flashback.

Itulah beberapa kerugian yang kita dapatkan jika kita terlalu sering berbuka bersama. Tidak masalah kita buka bersama teman karena itu juga bisa dijadikan ajang dari silaturahmi, namun kita harus melihat dampak tidak baiknya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%